Rebut Pasar Visa-Mastercard, Bank BUMN Buat Perusahaan Kartu Kredit

Ameidyo Daud Nasution
9 September 2016, 16:33
Kartu Kredit
Donang Wahyu|KATADATA
Kartu Kredit

Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) resmi menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk untuk membentuk perusahaan prinsipal kartu kredit nasional. Perusahaan prinsipal tersebut bertujuan untuk membuat transaksi elektronik bank lebih efisien dan menyaingi dominasi prinsipal asing seperti Visa dan Mastercard.  

Perusahaan prinsipal kartu kredit (credit card principal) merupakan lembaga yang menjalankan pembayaran, sekaligus memiliki jaringan kartu kredit. Bank yang menerbitkan kartu kredit melalui kerja sama dengan perusahaan prinsipal akan membayar biaya (fee) atas jasa yang diberikan prinsipal tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno menjelaskan, selama ini, transaksi kartu kredit terafiliasi perusahaan prinsipal asing jauh lebih besar dibandingkan dengan transaksi kartu kredit lokal. "Transaksi EDC melalui Visa dan Mastercard 99,6 persen,” ucap Rini saat menghadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman Pembentukan Perusahaan Prinsipal antara Himbara dan PT Telekomunikasi Indonesia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 9 September 2016.

Rini berharap, setelah beroperasinya perusahaan prinsipal lokal bentukan Himbara dan PT Telekomunikasi Indonesia, transaksi elektronik bank bisa lebih efisien. Selain itu, fee yang selama ini mengalir ke perusahaan prinsipal asing bisa dinikmati oleh perusahaan prinsipal lokal. "Penghematan devisa negara dan fee akan diperoleh dan dinikmati prinsipal domestik," kata Rini.

Pembentukan perusahaan bersama ini juga searah dengan rencana pemerintah untuk membentuk induk usaha atau holding BUMN di bidang jasa keuangan. Holding tersebut akan menggabungkan keempat bank BUMN dan perusahaan jasa keuangan lainnya milik pemerintah. “Prinsipal ini juga akan mengarah ke holding tersebut,” kata Rini. (Baca juga: Pemerintah Sepakat Bentuk Enam Holding BUMN).

Selain itu, pembentukan perusahaan prinsipal untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional, National Payment Gateway (NPG) yang telah lama dicanangkan pemerintah dan Bank Indonesia. “Akhirnya bank-bank Himbara bisa akur untuk mewujudkan National Payment Gateway ini,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...