Kontraktor Mengeluh, Sri Mulyani Minta Pencairan Anggaran Dipercepat

Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2016, 09:13
Sri Mulyani
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui bahwa masih ada keluhan kontraktor soal lambannya pencairan anggaran dari kantor perbendaharaan negara. Padahal jelang pergantian tahun ini pemerintah akan menggeber serapan anggaran.

Ditemui usai berkunjung ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta I, IV dan VI, Jakarta, Jumat malam, Sri mengatakan para kontraktor tersebut sebenarnya telah melengkapi persyaratan administratif. Namun pencairan anggaran tetap saja berjalan lambat.

Oleh sebab itu dirinya meminta secara khusus Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Marwanto Harjowirjono untuk memantau langsung hambatan ini, “Jadi tolong buat penilaian kinerja satuan kerja agar lebih dapat diandalkan,” kata Sri di Jakarta (23/12).

(Baca juga:  Sri Mulyani Sesalkan Aset Negara Tak Bernilai Tambah tapi Jadi Beban)

Dirinya juga meminta Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara melakukan sejumlah pembenahan berupa efisiensi proses pencairan anggaran. Sri menilai saat ini proses pencairan anggaran di KPPN masih memerlukan terlalu banyak kertas dan lampiran. “Kami akan lakukan perbaikan dengan memperbanyak sistem online dan mengurangi kertas,” katanya.

Untuk diketahui KPPN I, IV, serta VI merupakan bagian dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan DKI Jakarta. Sri menjelaskan Kantor Wilayah DKI Jakarta ini menaungi hampir 80 persen dari pembayaran yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...