Sri Mulyani: Investasi Pemerintah Tangkal Gejolak Pasar Global

Desy Setyowati
24 Januari 2017, 10:41
Sri Mulyani wefie
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Menteri Keuangan Sri Mulyani berfoto 'wefie' bersama mahasiswa saat memberikan kuliah umum di Universitas Udayana, Bali, Jumat (20/1/2017).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah akan terus berinvestasi untuk memperkuat perekonomian domestik. Strategi ini dilakukan agar ekonomi Indonesia tidak mudah terpengaruh oleh ketidakpastian perekonomian global.

Strateginya adalah pemerintah bakal fokus pada investasi yang berdampak jangka panjang bagi perekonomian, seperti Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Komitmen investasi tersebut penting di tengah kondisi investasi dunia yang kian menurun.

“Perekonomian Indonesia cukup besar, maka konsentrasi terhadap perhatian ini mengharuskan kami terus berinvestasi untuk memperkuat ekonomi di dalam negeri agar tidak mudah terombang-ambing dari statement di market-nya,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (23/1).

Seperti diketahui, pasar keuangan global terus bergejolak pasca kemenangan Donald Trump dalam pemilihan umum presiden di Amerika Serikat (AS) wal November lalu. Pernyataan Trump ataupun petinggi bank sentral AS dengan cepat direspons oleh p[elaku pasar.

Belakangan, pasar kembali berfluktuasi menjelang dan setelah Trump menyampaikan pidato perdananya sebagai Presiden AS, Jumat (20/1) pekan lalu. Pada pembukaan perdagangan Senin (23/1) pekan ini, indeks harga saham di bursa Asia melemah meski nilai tukar mata uang dunia menguat atas dolar AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...