Berkat Iklan Mobile, Facebook Untung Rp 48 Triliun di Kuartal IV-2016

Maria Yuniar Ardhiati
2 Februari 2017, 17:31
Bursa
Arief Kamaludin|KATADATA
Bursa

Kinerja Facebook semakin moncer. Perusahaan media sosial besutan Mark Zuckerberg ini mencetak pendapatan dan laba bersih kuartal IV-2016 yang melampaui perkiraan para analis. Kontribusi terbesar berasal dari pendapatan iklan mobile.

Laba bersih Facebook pada kuartal terakhir 2016 mencapai US$ 3,57 miliar atau sekitar Rp 48 triliun. Jumlahnya naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan kuartal IV-2015 yang hanya sebesar US$ 1,56 miliar. Alhasil, laba bersih per saham perusahaan ini pada kuartal IV-2016 sebesar US$ 1,41, melampaui prediksi analis yang dihimpun Bloomberg sebesar US$ 1,31 per saham.

Advertisement

Pencapaian itu sejalan dengan lonjakan pendapatan Facebook yang mencapai US$ 8,81 miliar atau lebih tinggi 52 persen dari periode sama 2015 yang sebesar US$ 5,84 miliar. (Baca: Tangkal Hoax, Pemerintah Surati Facebook, Twitter dan Youtube)

Padahal, pada November lalu, investor Facebook diperingatkan terhadap kemungkinan penurunan kinerja perusahaan akibat tertekan oleh pendapatan iklan. Peringatan itu muncul sebagai dampak dari pembatasan jumlah iklan yang bisa ditayangkan di halaman para pengguna. Apalagi, Facebook menuai kritik karena berseliwerannya berita-berita palsu (hoax) di laman media sosial tersebut.

“Saya kira pertumbuhannya akan menurun, tapi ternyata masih sangat tinggi,” kata analis dari Wedbush Securities, Michael Pachter, seperti dilansir Reuters, Rabu (1/2).

Pendapatan iklan menjadi motor utama Facebook. Pada kuartal IV-2016, pendapatan iklannya sebesar US$ 8,63 miliar atau 98 persen dari total pendapataan perusahaan. Adapun, sisanya adalah dari lini pembayaran dan biaya lain-lain. Pendapatan iklan tersebut melonjak 53 persen dibandingkan periode sama 2015 yang masih sebesar US$ 5,64 miliar.

Jika dirinci, pendapatan iklan terbesar Facebook merupakan iklan mobile. Porsinya mencapai 84 persen dari total pendapatan Facebook. Lembaga riset eMarketer memperkirakan pendapatan Facebook melalui iklan mobile mencapai US$ 29,71 miliar tahun ini. Jumlah tersebut naik sekitar 35,2 persen dari tahun lalu.

Pencapaian-pencapaian itu didukung oleh bertambahnya jumlah pengguna dan pengakses Facebook. Jumlah pengguna Facebook hampir mencapai 2 miliar pengguna. Sekitar 1,86 miliar orang menggunakan Facebook setiap bulan, atau naik 17 persen dibandingkan 2015.

Sementara itu, pengguna aktif Facebook secara mobile setiap harinya melonjak 23 persen menjadi 1,15 miliar pengguna. Lebih dari 90 persen pengguna Facebook mengakses jejaring sosial tersebut melalui perangkat mobile.

Facebook sempat mengalami permasalahan ketika pengadilan di Texas mewajibkan Facebook, unit virtual reality-nya Oculus, serta pihak tergugat lainnya membayar denda US$ 500 juta kepada perusahaan pembuat video game, ZeniMax Media. Facebook dan para tergugat lainnya terbukti melanggar kesepakatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement