Pejabat Bursa, BI, Anggota DPR dan Mantan KPK Lolos Seleksi Bos OJK

Ameidyo Daud Nasution
8 Februari 2017, 12:10
Gedung OJK
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung OJK

Sebanyak 107 calon lolos dalam seleksi administratif pemilihan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam daftar yang dilansir panitia seleksi, ada banyak nama pejabat dan politikus, termasuk tujuh anggota dewan komisioner yang saat ini masih menjabat.

Beberapa nama pejabat di bidang keuangan yang tercatat lolos seleksi adalah Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan, dan Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Riswinandi.

Advertisement

Beberapa pejabat Bank Indonesia (BI) turut meramaikan bursa bos OJK. Tercatat ada 10 calon yang berasal dari BI, salah satunya Deputi Gubernur BI Hendar. 

Selain itu, ada juga mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Zulkifli Zaini, dan mantan Direktur Utama BEI Erry Firmansyah dan Mas Achmad Daniri. Ada pula mantan Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bidang Ekonomi yang kini menjabat Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, hingga mantan Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso.

Tak ketinggalan, dua mantan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga tercatat lolos seleksi. Mereka adalah Adnan Pandu Praja yang merupakan Wakil Ketua KPK era Abraham Samad dan Haryono Umar yang pernah menjabat Wakil Ketua KPK era Antasari Azhar.

Sejumlah politikus juga masuk dalam daftar 107 calon komisioner OJK. Mereka adalah politikus Partai Golkar Melchias Markus Mekeng yang kini menjabat Ketua Komisi Keuangan DPR serta politikus Fraksi PDI Perjuangan yang juga menjabat anggota Komisi Keuangan DPR Andreas Eddy Susetyo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement