Terganjal Komitmen Pembeli, Proyek Gas Wasambo Molor

Anggita Rezki Amelia
21 Februari 2017, 16:43
migas
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan proyek gas Wasambo belum bisa beroperasi dalam waktu dekat. Padahal SKK Migas menargetkan proyek yang digarap Energi Equity Epic Sengkang (EEES) ini bisa berproduksi (onstream) pada kuartal pertama tahun ini.

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan molornya target ini dikarenakan belum ada komitmen dari pembeli yang menyerap gas yang akan dihasilkan dari proyek tersebut. Pembelinya adalah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Advertisement

"Pembelinya belum siap, perjanjian dengan PLN-nya belum siap," kata dia pekan lalu. Namun Muliawan belum mau merinci kendala yang menyebabkan PLN dan EEES sebagai kontraktor proyek tersebut belum menyepakati PJBG.

Karena belum bisa beroperasi pada kuartal I tahun ini, targetnya pun direvisi. SKK Migas memperkirakan proyek Wasambo baru bisa mengalirkan gas pada akhir tahun ini. (Baca: Pengoperasian Tiga Proyek Migas Tahun Lalu Molor)

Kepala Divisi Pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas PLN Chairani Rachmatullah membenarkan pihaknya masih belum punya kesepakatan jual beli gas dengan operator proyek Wasambo. PLN masih harus berkonsultasi dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait kesepakatan harga gas dari EEES.

Chairani mengatakan konsultasi ini diperlukan, mengingat Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2017. Dalam aturan itu, pemerintah mengatur harga jual gas bumi bagi kebutuhan pembangkit listrik PLN atau badan usaha pembangkit listrik (IPP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement