Bunga The Fed Naik, Gubernur BI Yakin Investor Asing Tak Kabur

Desy Setyowati
11 Maret 2017, 08:00
Gubernur BI, Agus Martowardojo
Arief Kamaludin|KATADATA
Gubernur BI Agus Martowardojo

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo meyakini, investor asing tetap tertarik berinvestasi di Indonesia meski bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed), menaikkan suku bunga dananya (Fed Fund Rate) pekan depan. Optimisme tersebut seiring dengan masih kuatnya aliran masuk dana asing (capital inflow).

“Buktinya capital inflow masih positif, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) masih oke. Naik sedikit, turun sedikit, arahnya masih positif, kursnya juga tidak jelek,” katanya di Jakarta, Jumat (10/3). Dalam catatannya, aliran masuk dana asing mencapai Rp 31 triliun hingga minggu kedua Maret ini.

(Baca juga: Potensi Kenaikan Bunga Dana Amerika Pukul Harga Emas Dunia)

Menurut Agus, daya tarik utama investasi di Indonesia adalah fundamental ekonomi yang baik. Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,02 persen atau di atas pencapaian negara tetangga. Inflasi juga masih dalam kisaran target, yakni 3,02 persen. Di sisi lain, defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD) terkendali di level dua persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, cadangan devisa juga yang terus meningkat hingga mencapai US$ 119,9 miliar di akhir Februari lalu. Cadangan devisa akan membantu memperkuat rupiah di dalam negeri, bila dolar Amerika Serikat (AS) menguat signifikan.

“(Tahun) 2015 (cadangan devisa) sebesar US$ 105 miliar, 2016 US$ 115 miliar, lalu menjadi US$ 199,9 miliar jadi menunjukkan bahwa dana yang masuk, eksportir, juga lepas valasnya. Jadi secara umum ekonomi baik,” katanya.

Meski begitu, Agus menyatakan, BI tetap mewaspadai berbagai kondisi global yang bisa memengaruhi ekonomi domestik. Sejauh ini, BI masih memantau dampak dari kebijakan bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) di tengah meningkatnya inflasi di kawasan tersebut. Begitu juga dengan gejolak yang terjadi di Perancis jelang pemilihan umum (pemilu).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...