Menteri Susi Janji Berantas Pencurian Ikan dalam Dua Tahun

Image title
14 Maret 2017, 19:19
Dialog Optimalisasi Sektor Perikanan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi narasumber dalam dialog bertajuk \"Optimalisasi Peran Sektor Perikanan Tangkap dalam Pembangunan Nasional\" di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta,

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjanji untuk membertantas pencurian ikan dalam dua tahun. Hal itu dinyatakannya dalam sebuah diskusi dengan 200 pengusaha perikanan.

“Kami ingin membetulkan perikanan tangkap dengan mengubah Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF) jadi Legal Reported and Regulated Fishing (LRRF),” kata Susi di Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (14/3).

Advertisement

Pada para pengusaha yang hadir, Susi pun menjamin bahwa program pembenahan tata kelola perikanan uang dijalankannya ini tidak akan menghambat iklim usaha. “Program Kementerian Kelautan dan Perikanan ini tidak berniat mempersulit pengusaha, tidak,” ujarnya.

(Baca juga: Sidak Menteri Susi Temukan Praktik Manipulasi Kapal)

Menurut Susi, moratorium perizinan usaha perikanan tangkap yang berlaku saat ini bertujuan untuk memastikan sumberdaya perikanan akan membaik dalam jangka panjang. Sebab, penangkapan ikan yang sesuai aturan akan membuat  ekosistem terjaga, sehingga akan meningkatkan biomassa ikan.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement