Masih Ada Supermarket Jual Gula di Atas Harga Acuan Pemerintah

Image title
13 April 2017, 09:59
Gula Pasir
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendatangi tiga supermarket di Jakarta, Rabu (12/4) kemarin. Tujuannya ingin memastikan penerapan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk tiga komoditas bahan pangan yaitu gula, minyak goreng, dan daging. Hasilnya, masih ada supermarket yang menjual gula dengan harga di atas ketentuan.

Tiga supermarket yang dikunjungi adalah Carrefour Duta Merlin, Hypermart Gajah Mada Plaza, serta Hero Sarinah. Salah satunya kedapatan masih menjual gula seharga Rp 15 ribu per kilogram, padahal HET yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 12.500 per kilogram. Enggar pun meminta manajemen untuk menarik produk tersebut.

“Dia masih sekarang dengan alasan packaging-nya berbeda. Saya sudah sampaikan lagi, beri tahu distributor dan produsennya semua HET-nya Rp 12.500,” katanya usai kunjungan, Rabu (12/4).

(Baca juga:  Kemendag Wajibkan Distributor Tiap Bulan Daftarkan Stok Bahan Pokok)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman antara Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) dengan distributor gula, minyak goreng, dan daging pada 4 April 2017 lalu.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...