Lelang Dua Rute Tol Laut Sepi Peminat

Ameidyo Daud Nasution
19 April 2017, 08:00
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA
Kapal logistik ini merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak masa awal pemerintahannya.

Pemerintah telah melelang tujuh rute tol laut pada swasta. Di antaranya, baru empat lelang yang telah dimenangkan. Sementara dua rute di antaranya sama sekali tak menarik peserta dan satu rute harus dilelang ulang.

"Kalau tahun lalu hanya PT Pelni (Persero), tahun ini ada 7 lagi oleh swasta, jadi total ada 13 rute tol laut," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (18/4).

Dua rute tol laut yang lelangnya sepi peminat adalah T-9 (Tanjung Perak –  Kisar – Namrole), serta T-10 (Makassar – Tidore – Tobelo – Maba – Pulau Gebe). Sementara, pada rute T-4 (Tanjung Perak – Bau Bau – Manokwari), lelang ulang akan dilakukan mengingat adanya persyaratan yang belum lengkap.

(Baca juga: Setelah Dwelling Time, Pemerintah Akan Pangkas Biaya di Pelabuhan)

Sementara, empat dari tujuh rute tol laut yang dilelang telah memiliki pemenang. Keempat rute tersebut adalah T-1 (Tanjung Perak – Namlea), T2 (Tanjung Perak – Saumlaki), T-7 (Tanjung Priok – Mentawai), serta T-8 (Tanjung Perak –  Sebatik).

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...