Ramai Diprotes, Jokowi Akan Panggil Susi Soal Larangan Cantrang

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2017, 16:29
Cantrang
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Nelayan dari Rembang, Batang, dan Jepara berunjuk rasa memprotes pelarangan penggunaan cantrang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (3/1/2017).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan mengevaluasi kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terutama soal larangan cantrang. Jokowi pun berencana memanggil Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait hal ini.

"Nanti saya akan undang langsung Menteri KKP, " kata Jokowi usai meresmikan dimulainya pembangunan rumah susun bagi pekerja ,di Kota Tangerang Selatan, Kamis (27/4).

Larangan penggunaan cantrang diatur dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 2/PERMEN-KP/2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela dan Pukat Tarik. Jokowi sendiri mengaku pernah mendengar langsung protes terkait larangan cantrang.

(Baca juga:  KKP Melunak, Larangan Nelayan Pakai Cantrang Mundur 6 Bulan)

Jokowi menyatakan bahwa pemanggilan Menteri Susi akan dilakukannya tanpa melibatkan menteri lainnya. Dirinya juga meminta semua pihak percaya bahwa pemerintah akan mengambil jalan keluar terbaik. "Percayalah kami akan beri solusi terbaik bagi nelayan," kata Jokowi.

Protes soal larangan cantrang memang telah beberapa kali bergulir. Terakhir, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang kemarin menemui para nelayan pantura di Tegal, Jawa Tengah berharap Susi dapat mengkaji kembali penggunaan larangan cantrang. “Para nelayan Pantura minta diuji oleh tim independen apakah cantrang ini (memang) berpotensi merusak lingkungan,” ujarnya melalui Twitter.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...