Investasi Senilai Rp 6 Triliun Mulai Masuk Kawasan Ekonomi Khusus

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2017, 16:31
Darmin Nasution
Arief Kamaludin (Katadata)

Investor siap menanamkan modal dengan nilai lebih dari Rp 6 triliun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Beberapa nota kesepahaman terkait rencana investasi tersebut hari ini diteken di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

 “Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada para inevstor KEK yang sudah menandatangani nota kesepahaman,” kata Darmin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (17/5).

Di antara nota kesepahaman yang ditandatangani adalah antara Direktur Utama PTPN III (Persero) dengan Direktur Utama PT Alternatif Protein Indonesia (API) dengan total investasi sekitar US$ 500 juta di KEK Sei Mangkei.

(Baca juga: Aturan Bank Tanah Akan Terbit Tiga Bulan Lagi)

Selain itu, ada juga penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku Pengelola KEK Mandalika dengan lima Investor.

Lima investor tersebut adalah PT Metro Lestari Utama untuk Pembangunan Hotel Bintang 5,  dengan  investasi Rp 250 Miliar, Sky Wealth Perusahaan Malaysia untuk pembangunan Hotel Bintang 5 dengan investasi Rp 450 Miliar, PT Bangun Megatama Wisata Mahadewi untuk pembangunan hotel, PT Alam Hijau Permai Penyertaan modal pada Hotel Pullman dan Jeju Olle Foundation  Investor Korea untuk Pembangunan Olle Walking Trail.

“Kami berharap betul, tiap kawasan khusus memiliki badan pengelola yang punya kapasitas untuk mengundang investor. Jangan sampai karena badan pengelolanya tidak begitu aktif, kawasan khusus itu tidak dikenal oleh investor,” tutur Darmin.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...