Krisis Negara Arab Tak Kacaukan Piala Dunia dan Ekspor Gas Qatar

Maria Yuniar Ardhiati
7 Juni 2017, 21:38
Qatar
www.visitqatar.qa

Langkah Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, Bahrain, Yaman, dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar telah berdampak buruk terhadap negara tersebut. Qatar Airways tak bisa terbang ke lima negara tersebut. Selain itu, ekspor aluminium Qatar ditolak di UEA dan kantor berita Qatar Al Jazeera di Arab Saudi, terpaksa ditutup. 

Meski demikian, ekspor gas, dan kerjasama dengan federasi sepakbola internasional (FIFA) dijamin tidak akan terpengaruh oleh krisis negara-negara Arab itu. Seperti diketahui, Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2022 mendatang.

Advertisement

“Masih melakukan kontak rutin dengan komite penyelenggara Piala Dunia 2022 di Qatar,” kata pejabat FIFA dalam surat elektroniknya seperti dikutip Reuters, Rabu (7/6).

(Baca: Darmin: Konflik Qatar - Arab Tak Berpengaruh ke Ekonomi Indonesia)

Tim sepakbola nasional Qatar juga masih terdaftar dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, kecil peluang Qatar lolos ke putaran final di Rusia karena saat ini berada di posisi terbawah grup kualifikasi.

Seperti halnya dalam hubungan politik, yang menjadi lawan berpotensi bagi Qatar dalam dunia sepakbola adalah Arab Saudi dan UEA. (Ekonografik: Qatar Dikucilkan Dunia Arab)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement