Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi Gratis Mulai Bulan Depan

Miftah Ardhian
7 Juni 2017, 16:39
Skytrain Bandara Soekarno Hatta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja membuka skytrain Bandara Soekarno Hatta yang baru tiba dari Korea Selatan, Senin (29/5) lalu.

PT Angkasa Pura II (Persero) akan menguji coba skytrain penghubung antar terminal di Bandara Soekarno Hatta pada akhir Juni 2017. Dengan demikian, fasilitas automated people mover system (APMS) itu diharapkan dapat beroperasi mulai bulan depan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, terdapat tiga hal yang akan menjadi bahan pengujian. Pertama, uji coba lintasan yang telah dibangun. Kedua, uji coba trainset termasuk rollingstock nya. Ketiga, uji coba Standart Operating Procedure (SOP) oleh operator.

"Karena kan memang belum pernah ada dan itu juga yang dipersyaratkan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan," ujar Awaluddin saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/6).

(Baca juga: Pakai Skema KPBU, Proyek LRT Medan Siap Dibangun 2019)

Pada masa uji coba ini, Awaluddin mengatakan, hanya akan mencoba jalur lintasan dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang berjarak hampir 1,8 kilometer.

Proses uji coba ini akan dilakukan dengan pengemudi untuk menjamin keamanan. Meski, desain asli skytrain tersebut tanpa pengemudi. "Karenakan kalau langsung tanpa kemudi nanti bisa terjungkal," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...