Pakai Skema KPBU, Proyek LRT Medan Siap Dibangun 2019

Miftah Ardhian
7 Juni 2017, 16:18
LRT Bandung
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Purwarupa LRT Metro Kapsul di pedestrian Alun-Alun Bandung, Jawa Barat, 6 April 2017.

Pemerintah terus menggenjot pembangunan proyek infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia. Kali ini, pemerintah tengah melakukan studi kelayakan pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) di Medan, Sumatera Utara. Rencananya, moda transportasi ini akan mulai dibangun 2019, dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah tengah fokus dalam mengembangkan kawasan Medan. Masalahnya, dengan jumlah populasi kendaraan yang semakin banyak, kemacetan pun tidak bisa terhindarkan. Oleh karenanya, pembangunan LRT Medan ini dinilai salah satu solusi.

Advertisement

"Kami masih studi saat ini. Kami studi di mana traffic (lalu lintas) yang banyak terjadi," ujar Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/6). Pembangunan LRT Medan ini akan memperbaiki konektivitas ke Bandara Kualanamu.

Menurut Budi, skema yang akan digunakan untuk membangun moda transportasi tersebut adalah dengan KPBU. Dengan begitu, diharapkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tidak akan keluar banyak. Kerjasama pemerintah pun akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Medan.

(Baca: Danai Proyek LRT, Adhi Karya Terbitkan Obligasi Rp 3,5 Triliun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement