Kemendag Akan Contek Kemitraan Indogrosir dengan Toko Kelontong

Michael Reily
9 Juni 2017, 16:16
Pangan retail
Katadata | Donang Wahyu

Kementerian Perdagangan berencana meningkatkan peran pedagang besar untuk membantu pedagang kecil. Skema kemitraan yang dilakukan oleh Indogrosir dengan pedagang kelontong binaannya bakal dicontoh.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita hari ini meninjau langsung Pusat Perkulakan Indogrosir di Tangerang, Banten. Ia mengaku tertarik dengan sistem membership yang diterapkan Indogrosir.

Melalui sistem ini, Indogrosir akan memberikan poin pada tiap transaksi yang bisa ditukar dengan diskon kepada anggotanya baik retail modern (Indomaret) maupun warung tradisional. Dengan demikian, warung-warung kelontong dan retail modern itu bisa mendapat pasokan barang dengan harga yang sama.

(Baca juga: Pemerintah Gelar Pasar Murah Ramadan di 395 Lokasi)

"Kalau ini berjalan maka kita tidak usah khawatir terjadi persaingan tidak sehat antara warung dengan pasar ritel modern," kata Enggar di sela peninjauan, Jumat (9/6).

Dia pun berencana akan mengadopsi sistem keanggotaan yang diterapkan oleh Indogrosir. Tak hanya memastikan pasokan barang, kemitraan seperti ini juga dapat memudahkan pengusaha kecil mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...