Semester I 2017, BTN Salurkan KPR Senilai Rp 39 Triliun

Miftah Ardhian
24 Juli 2017, 20:45
BTN.2.jpg
KATADATA/

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk telah menyalurkan kredit senilai Rp 39,01 triliun untuk pembiayaan 370.173 unit rumah. Besarnya Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang digelontorkan ini merupakan bagian dari komitmen mendukung program sejuta rumah.

Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan, dari realisasi penyaluran pembiayaan perumahan tersebut, terdiri atas penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi untuk 246.062 unit rumah dan pemberian KPR Non-subsidi untuk 124.111 unit rumah.

Advertisement

"Tetapi, dari total 370 ribu unit ini belum semuanya berubah jadi KPR, masih ada pembiayaan (konstruksi). Tapi akan segera diubah, jadi tidak menyulitkan likuiditas BTN sendiri," ujar Maryono saat konferensi pers, di Menara BTN, Jakarta, Senin (24/7).

(Baca juga: Kredit Semester I Tumbuh 19%, Laba BTN Melejit 22%)

Secara keseluruhan, tahun ini BTN menargetkan akan menyalurkan pembiayaan perumahan untuk 666 ribu unit rumah dalam rangka mendukung program satu juta rumah. Target tersebut nantinya terbagi atas penyaluran KPR Subsidi untuk 504.122 unit rumah dan KPR Non-subsidi untuk 161.878 unit rumah.

Maryono mengungkapkan, pada tahun ini, BTN hanya akan memberikan KPR Subsidi dengan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB), tidak lagi menggunakan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Alasannya, skema SSB ini dapat membantu pemerintah menekan pengeluarannya akbat skema FLPP yang harus membiayai 90 persen dana pembelian rumah masyarakat.

“Kami melihat pendanaan kami masih cukup untuk mendukung penyaluran KPR Subsidi berskema SSB dengan bunga 5 persen fix hingga 20 tahun dan uang muka 1 persen,” ujar Maryono.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement