BPH Akan Lelang Empat Proyek Pipa Gas

Anggita Rezki Amelia
9 Agustus 2017, 17:48
Pipa Gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerjaan pipanisasi gas milik Pertamina Gas di Kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH) akan melelang empat proyek pipa gas bumi. Secara total, panjang pipa dari proyek tersebut mencapai 1.950 kilometer (km).

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa merinci empat proyek tersebut adalah pipa gas transmisi Natuna-Kalimantan Barat sepanjang 500 km. Kemudian pipa transmisi Kalimantan Barat-Kalimantan Tengah panjangnya 1.000 km.

(Baca: Dua Proyek Pipa Terancam Kekurangan Pasokan Gas)

Ada juga pipa tranmisi Kalimantan tengah-Kalimantan Selatan 200 km. Terakhir adalah proyek pipa transmisi Pusri-Tanjung Api-Api/Muntok yang juga akan dilelang, pipanya sepanjang 250 km.

Menurut Fashurullah, lelang tahun ini berbeda dengan sebelumnya yang harus menunggu dana dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN). Kini, swasta bisa langsung mengajukan proposal lelang asalkan memenuhi syarat sesuai Peraturan BPH Migas Nomor 15 tahun 2016.

Dengan begitu, proses lelang diharapkan bisa lebih cepat. “Kalau dulu kan sampai dua tahun nunggu APBN, nunggu kajian dulu,baru lelang," kata dia di Kementerian ESDM, Selasa (8/8).

Fanshurullah berharap lelang ini bisa menambah infrastruktur pipa gas di Indonesia. Selama semester I tahun 2017, pembangunan pipa gas sudah mencapai 10.425 km. Angka itu masih di bawah target tahun ini 12.597 km. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...