Selain harga jual mobil, biaya perawatan dan suku cadang Wuling juga diklaim lebih murah.
GIIAS 2017
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau stand pamer mobil Wuling pada acara GIIAS 2017 di Tangerang, Banten, Kamis, (10/8) Arief Kamaludin|KATADATA

Produsen mobil asal Tiongkok, Wuling Motors menargetkan penjualan 8 ribu unit mobil Confero pada 2017. Confero merupakan tipe kendaraan serba guna (Multi-Purpose Vehicle/MPV) dengan harga terjangkau.

Direktur Purna Jual Wuling Motors Taufik S. Arief menjelaskan, perusahaannya menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil dengan kapasitas besar dan harga bersaing. Ia mengklaim, sebanyak seribu unit mobil ini telah dipesan konsumen.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Kami lebih menggarisbawahi apa yang jadi concern calon pembeli," kata dia kepada wartawan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Tangerang, Jumat (11/8).

(Baca juga:  Kalla: Pembangunan Infrastruktur untuk Dukung Industri Otomotif)

Untuk mengakomodasi keperluan konsumen, Taufik menjelaskan, Wuling telah membangun 50 dealer resmi yang akan melayani jasa perawatan dan penjualan suku cadang. Di antaranya, 25 dealer telah siap beroperasi.

Menurutnya, tak hanya harga jual mobil, biaya jasa perawatan dan suku cadang Wuling pun lebih murah dari pesaing MPV yang lain. "Sebagai gambaran, jika harga service yang lain Rp 700 ribu, kami bisa melayani dengan harga Rp 500 ribu," tuturnya.

Taufik juga menyatakan, pelanggan juga berhak atas garansi umum untuk mobil Wuling hingga 3 tahun atau 100 ribu kilometer dalam program layanan purna jual. Dia juga memberikan garansi komponen utama mesin dan transmisi hingga 5 tahun.

(Baca: Penjualan Otomotif Naik, Bukti Ekonomi Indonesia Masih Kuat)

Saat ini, Wuling juga telah bekerja sama dengan pemasok komponen otomotif ternama seperti YFKSS, Nexteer, Asahima Flat Glass. Strategi lokalisasi komponen yang dilakukan pabrik juga akan memastikan efektivitas waktu, biaya, dan ketersediaan suku cadang.

Taufik menjelaskan, strategi lain untuk perawatan Wuling adalah Wuling Mobile Service, yaitu program perawatan kendaraan di lokasi yang diinginkan pelanggan dengan bebas biaya kunjungan. Selain itu, ada layanan Wuling Call Center yang selalu aktif dan mulai tersedia dari 2 Agustus 2017.

"Komitmen kami untuk layanan purna jual terbaik sejalan dengan nilai Wuling untuk selalu memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

(Baca: Mobil Rendah Emisi Akan Kuasai 20% Pasar Nasional pada 2025)

Michael Reily
Artikel Terkait
Strategi kemitraan dianggap salah satu upaya yang paling efektif untuk membangun IKM yang mandiri.
Rouli mengatakan perlunya ada pentahapan terapan teknologi mobil elektrik ini yang saat ini dimulai dengan mobil hybrid terlebih dahulu.
"Kami ingin menjadi salah satu konsorsium operator Patimban," ujarnya.