Kemkominfo Ajukan Permintaan Penangguhan Slot Satelit Telkom 1

Dimas Jarot Bayu
5 September 2017, 17:41
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara
ANTARA Foto/Reno Esnir
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kiri) bersama Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga memberikan keterangan mengenai Satelit Telkom 1 di Jakarta, Rabu (30/8).

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyampaikan notifikasi atas rusaknya satelit Telkom 1 kepada International Telecommunication Union (ITU). Pemerintah berharap agar slot satelit Telkom 1 yang kosong selama setahun dapat ditangguhkan menunggu peluncuran satelit Telkom 4.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, permintaan telah disampaikan melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada Senin (4/9) lalu. “Kemarin kami kirim suratnya ke ITU,” kata Rudiantara, Selasa (5/9).

Rudiantara mengatakan, penangguhan slot di orbit 180 derajat BT tersebut penting karena hendak digunakan oleh satelit Telkom- 4.   (Baca: Telkom Sewa Satelit Cina untuk Migrasi Pelanggan Telkom-1)

“Kami pastikan pemerintah fokus amankan slotnya agar pas tahun depan Telkom luncurkan satelit pengganti tidak ada masalah dari sisi penggunaan slotnya,” kata Rudiantara.

Advertisement

Rudiantara menjelaskan, setelah mengirim notifikasi, Kemkominfo akan menindaklanjuti dengan mengurus administrasi penangguhan slot Telkom 1. Kemkominfo akan bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk untuk mengurus data-data terkait penangguhan slot tersebut.

(Baca: Telkom Minta Maaf, Gangguan Satelit Hingga 10 September 2017)

“Nanti kami dengan Telkom berdasarkan data-data Telkom menyampaikan lebih detail ke ITU,” kata Rudiantara.

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, pihaknya akan meluncurkan Telkom 4 pada Agustus 2018 mendatang dengan masa operasi 15 tahun. Satelit Telkom 4 rencananya memiliki kapasitas 60 Transponder Equivalent (TPE).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement