Beralih ke Digital, Bank Bakal Rekrut Lebih Banyak Ahli Teknologi

Desy Setyowati
22 September 2017, 17:37
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, perbankan semakin gencar mengembangkan layanan berbasis digital. Kondisi ini disebut-sebut bakal mengubah kebutuhan tenaga kerja di sektor perbankan. Pekerjaan seperti teller dan analis kemungkinan semakin sedikit dibutuhkan. Sebaliknya, orang yang paham atau ahli di bidang teknologi bakal banyak direkrut.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Achmad Baiquni tak menampik soal perubahan yang bakal terjadi. "Tentunya (ada penyesuaian tenaga kerja). Banyak proses-proses kami lakukan business enginering, contohnya big data. Mungkin keberadaan analis sudah enggak, karena sistem yang buat big data-nya. SDM (Sumber Daya Manusia) tetap butuh tapi bidang yang lainnya," katanya di sela-sela acara Indonesia Development Bank Expo (IDBExpo) di Jakarta, Rabu (20/9) lalu.

(Baca juga: OJK Siapkan Antisipasi 'Musnahnya' Pekerjaan di Bank)

Hal senada disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas. Menurut dia, jumlah tenaga kerja di bank pelat merah tersebut akan bertambah namun untuk jenis pekerjaan yang berbeda. "(Tenaga kerja) harusnya nanti ada penyesuaian dalam arti jenisnya. Misalnya, dulu banyak teller, sekarang sudah enggak diperlukan. Sekarang lebih programing atau clouding. Secara jumlah (tenaga kerja) tetap bertumbuh tapi jenisnya beda," kata dia.

Adapun digitalisasi dinilai Rohan harus dilakukan untuk menjawab kebutuhan nasabah Bank Mandiri yang kini telah mencapai 14 juta nasabah. Ke depan, Bank Mandiri mengarah pada pengembangan sistem robotik dan big data. (Baca juga: Bank Khawatir Fintech Asing Kuasai Pasar, BI Janji Jaga Persaingan)

Perubahan kebutuhan tenaga kerja di sektor perbankan mendapat perhatian khusus dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Direktur Penelitian Bank Umum OJK Antonius Harie mengatakan, institusinya tengah mengumpulkan data Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh perbankan. Tujuannya, untuk menentukan edukasi dan sertifikasi yang diperlukan di masa mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...