Twitter Rekam 1,5 Juta Cuitan Terkait Debat Capres Putaran Kedua

Cindy Mutia Annur
18 Februari 2019, 18:41
Debat Capres II
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Debat calon presiden (Capres) putaran kedua yang digelar pada Minggu (17/2) ramai diperbincangkan di media sosial. Setidaknya, tercatat 1,5 juta cuitan di Twitter terkait debat yang membahas tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur tersebut.

Twitter adalah platform di mana percakapan politik terjadi secara real time. Namun, sementara debat dimulai pada pukul 20.00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00-23.00, dengan hampir 290 ribu cuitan per menit.

“Masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru dunia pun memusatkan perhatian mereka ke Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi pada #DebatPilpres2019,” ujar Twitter Indonesia dalam siaran persnya, Senin (18/2).

(Baca: Jokowi Direspons Positif Warganet, Kuasai Semua Segmen di Debat Capres)

Beberapa tagar mewarnai linimasa dan percakapan Twitter selama acara debat berlangsung. Di antaranya; #DebatPintarJokowi #PrabowoMenangDebat #DebatPilpres2019 #DebatSebel #CurhatPilpres2019 # DebatKeduaPilpres2019 #Debat02PrabowoMenang #NewEraPrabowoSandi #JokowiOrangnyaBaik #DebatCapres.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...