Katadata Show
KATADATA
Image title
Oleh
28 Agustus 2015, 17:49

Pertamina Pakai Lahan KAI Salurkan Gas

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) resmi menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyewa lahan milik KAI guna menempatkan jalur pipa gas alam cair (liquid natural gas/LNG) dari Semarang sampai Gresik sejauh 90 kilometer dengan memanfaatkan jalur kereta api.

Kerja sama sinergi dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina, Dwi Soejipto dan Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro di kantor Pertamina, Jakarta.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, perseroan bisa lebih efisiensi daripada harus membebaskan lahan warga. Sementara, nilai kerja sama dari proyek ini tergantung pada luas lahan yang digunakan untuk menanam pipa penyaluran LNG tersebut.

Selain itu kerja sama juga meliputi kajian program pelaksanaan konversi penggunaan High Speed Diesel (HSD) menjadi Liquid Nature Gas (LNG) untuk kegiatan operasional kereta api. Kerja sama dalam konversi solar ke LNG ini akan sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan gas alam untuk transportasi umum khususnya di kota-kota besar.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami