Geliat Mudik Show
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Image title
24 Juni 2017, 09:00

Hajatan Tahunan, Kemacetan di Jalur Mudik

Kemacetan panjang di jalur mudik Lebaran sudah menjadi pemandangan lazim setiap tahun. Lonjakan arus mudik dari Jakarta ke arah timur sudah terjadi sejak Rabu lalu (21/6) atau H-4 Hari Raya Idul Fitri. Di gerbang tol Cikarang Utama, volume kendaraan mencapai 116 ribu kendaraan.

Seiring cuti bersama mulai Jumat ini (23/6), puncak arus mudik diperkirakan terjadi sejak Kamis malam hingga malam ini. Antrean kendaraan sudah terjadi dari tol dalam kota Jakarta menuju tol Cikampek hingga ke ruas tol Cipali. Tol fungsional Brebes - Batang yang baru difungsikan, juga tak mampu menahan luapan kendaraan para pemudik.

Di Pelabuhan Merak, para pemudik baik kendaraan roda dua dan roda empat memadati area pelabuhan untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni. Kementerian Perhubungan memang memprediksi jumlah mobil pribadi untuk mudik Lebaran tahun ini naik 13,92 persen dari tahun lalu menjadi menjadi 3,48 juta mobil.

Sedangkan jumlah sepeda motor untuk mudik bertambah 18,18 persen. Sebaliknya, penumpang angkutan umum turun 2,11 persen.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami