34 Menteri "Kabinet Kerja" Jokowi

Image title
Oleh
26 Oktober 2014, 19:29

KATADATA ? Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumumkan nama 34 menteri untuk mengisi posisi ?Kabinet Kerja? di Istana Negara, Jakarta pada Minggu petang, 26 Oktober 2014. Kabinet yang akan bertugas pada periode 2014-2019 tersebut, terdiri atas empat Menko dan 30 Menteri. 

Jokowi mengatakan pemilihan ke-34 nama tersebut dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Presiden menghendaki agar terpilih orang-orang yang bersih untuk menjalankan tugasnya lima tahun ke depan. Presiden juga ingin tepat dan akurat dalam menentukan para pembantunya. Karena itu, Presiden berkonsultasi dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

?Mereka dipilih karena memiliki kemampuan, profesional dan leadership yang baik,? kata Jokowi. 

Pengumuman nama para menteri ini sebelumnya sempat beberapa kali ditunda dengan alasan Presiden menunggu pertimbangan DPR mengenai perubahan nomenklatur kabinet. Namun, Jokowi mengingatkan pengumuman para menteri ini sebenarnya lebih cepat delapan hari dari ketentuan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Kementerian Negara.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami