Dalam pemeriksaan pada 23 Agustus lalu, KPK menemukan uang senilai Rp 20,74 miliar yang tersimpan dalam 33 tas dan rekening bank.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Antonius Tonny Budiono mencatatkan hasil sitaan yang terbesar sepanjang sejarah OTT KPK.

Dalam pemeriksaan pada 23 Agustus lalu, KPK menemukan uang senilai Rp 20,74 miliar yang tersimpan dalam 33 tas dan rekening bank. Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, menyatakan bahwa biasanya barang bukti yang ditemukan kecil namun berdampak besar bagi kerugian negara.

Tonny ditetapkan sebagai tersangka terkait proyek pengerukan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Ia diduga menerima suap dari Adiputra Kurniawan selaku Komisaris PT Adhiguna Keruktama.

Penyidik KPK terakhir kali menemukan duit jumbo senilai RP 8,14 miliar saat menangkap Kepala Satuan Kerja Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, Rudi Rubiandini pada Agustus 2013. Teranyar, KPK menangkap tangan Walikota Tegal Siti Mashita Soeparno pada Selasa lalu (29/8) karena kasus dugaan suap pengelolaan dana jasa kesehatan di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Artikel Terkait
Setnov tak hadir di persidangan dan mengirimkan surat agar jaksa membacakan Berita Acara Pemeriksaannya terkait kasus korupsi e-KTP.