BMKG: Ada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Adi Ahdiat
27 Agustus 2022, 18:29
Ilustrasi: Potensi cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan disertai petir dan angin kencang.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Ilustrasi: Potensi cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan disertai petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan.

"Saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam siaran persnya, Sabtu (27/8/2022).

BMKG memprediksi pada periode 28 Agustus-3 September 2022 akan terjadi fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) serta aktifnya gelombang Rossby. Hal ini dapat meningkatkan potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi terdampak adalah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Lampung.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...