6 Rumah Sakit Arab Saudi Sokong Akses Kesehatan Jamaah Haji Indonesia

Aditya Widya Putri
3 Juni 2023, 13:10
Petugas kesehatan memeriksa tekanan darah salah satu jamaah sebelum melakukan ibadah di Masjid Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/4/2022). Pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang ini berupa pemeriksaan
ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.
Petugas kesehatan memeriksa tekanan darah salah satu jamaah sebelum melakukan ibadah di Masjid Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (8/4/2022). Pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang ini berupa pemeriksaan tekanan darah, berat badan dan kadar gula darah bagi para jamaah masjid.

Tim Kesehatan Daker Makkah Siapkan 6 RS Rujukan untuk Jemaah Haji Indonesia

Menghadapi musim haji Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan 6 rumah sakit rujukan. PPIH Arab Saudi bidang kesehatan daerah kerja (Daker) Makkah telah siap memberikan pelayanan kesehatan kepada jemaah haji.

Menjelang pemberangkatan jemaah haji gelombang 2 ke Makkah pada tanggal 8 hingga 22 Juni 2023, PPIH melakukan persiapan tidak hanya dari sarana dan sumber daya manusia, namun juga membangun kerja sama dengan entitas kesehatan yang berwenang.

“Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah hari ini melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit untuk silaturahmi,” ujar Kasie Kesehatan Daker Makkah, Andi Ardjuna Sakti, saat mengadakan kunjungan ke 6 Rumah Sakit (RS) Arab Saudi untuk menunjang pelayanan jemaah haji Indonesia.

Beberapa rumah sakit Arab Saudi yang menjadi rujukan bagi jemaah haji di Daker Makkah yaitu RS Al Noor, RS King Faisal, RS King Abdul Aziz, RS King Abdullah, RS Heera, dan RS Wiladah.

“Kami ingin menjalin kerja sama dalam pelayanan kesehatan jemaah haji agar mereka yang dirawat di KKHI Makkah bisa dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi,” lanjut Andi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...