Miss Universe Organization Resmi Cabut Lisensi untuk Indonesia

Aditya Widya Putri
13 Agustus 2023, 08:06
Miss Universe Organization memutuskan lisensi PT CPT Capella Swastika Karya, buntut dari kasus dugaan pelecehan seksual dalam kompetisi Miss Universe Indonesia.
Instagram Miss Universe Indonesia
Miss Universe Organization memutuskan lisensi PT CPT Capella Swastika Karya, buntut dari kasus dugaan pelecehan seksual dalam kompetisi Miss Universe Indonesia.

Miss Universe Organization (MUO) memutuskan mencabut lisensi perwakilan Miss Universe untuk Indonesia. Keputusan ini merupakan imbas dari kasus dugaan pelecehan seksual dalam ajang Miss Universe Indonesia (MUID).

Tindakan tersebut otomatis membikin PT Capella Swastika Karya milik Poppy Capella tidak lagi memegang lisensi Miss Universe di Indonesia.

"Miss Universe Organization memutuskan mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia…Berdasar apa yang kami pelajari kasus di ajang pemilihan Miss Universe Indonesia 2023, jelas waralaba ini tidak memenuhi standar, etika, atau harapan sesuai buku panduan waralaba dan kode etik kami," demikian tertulis dalam unggahan dalam Instagram resmi MUO @missuniverse, Sabtu (12/8).

Namun pemenang Miss Universe Indonesia, Fabienne Nicole, tetap akan menjadi perwakilan Indonesia dalam perhelatan Miss Universe 2023 nanti di El Salvador.

Pencabutan lisensi ini turut membikin efek domino terhadap rencana perhelatan Miss Universe Malaysia. Selain memegang lisensi Indonesia, PT Capella Swastika Karya juga memegang lisensi untuk perwakilan Malaysia.

MUO juga meminta maaf kepada para finalis Miss Universe Indonesia 2023 atas pengalaman buruk yang mereka dapatkan. Pihak MUO mengapresiasi keberanian para finalis untuk melela dan berjanji akan memperbaiki perhelatan tersebut di masa mendatang.

“Menyediakan tempat yang aman bagi perempuan adalah prioritas utama MUO.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...