Persentase Adalah Nilai Bilangan, Ini Penjelasannya

Image title
7 Maret 2022, 13:14
Ilustrasi Persentase adalah nilai sesuatu dalam bilangan per seratus, antara lain digunakan untuk menunjukkan tingkat suku bunga, dividen, dan perbandingan statistik.
Dailysocial
Ilustrasi Persentase adalah nilai sesuatu dalam bilangan per seratus, antara lain digunakan untuk menunjukkan tingkat suku bunga, dividen, dan perbandingan statistik.

Dalam proses perhitungan, kita kerap kali menggunakan sistematika persentase, yang sering kali ditemui pada berbagai perhitungan. Misalnya, untuk menghitung persentase penduduk, persentase suku bunga, maupun persentase laba rugi perusahaan.

Dengan mengetahui bagaimana perhitungan persentase, individu maupun badan usaha akan terbantu mengetahui nilai suatu data atau hasil yang sedang dihitung. Sebelum melangkah pada rumus menghitung persentase, kenali dulu apa yang dimaksud dengan persen atau persentase itu sendiri.

Definisi Persentase

Ada sejumlah definisi terkait penjelasan persentase. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, persentase adalah bagian dari keutuhan yang dinyatakan dengan persen; bagian yang diperkirakan; angka persen (per seratus);

Kemudian, dari Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa persentase adalah nilai sesuatu dalam bilangan per seratus, antara lain digunakan untuk menunjukkan tingkat suku bunga, dividen, dan perbandingan statistik (percentage).

Dari dua makna di atas dapat disimpulkan bahwa persentase adalah suatu perbandingan “rasio” yang menyatakan pecahan dari seratus dan ditunjukan dengan lambangan satuan %.

Persentase kerap kali dipersingkat menjadi persen yang berarti bentuk bilangan yang mewakili seluruh atau sebagian dari sebuah nilai atau barang dengan membentuk rasio per seratus.

Simbol persen yang saat ini digunakan telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Awalnya, ‘percento’ yang merupakan bahasa latin digunakan untuk menyebutkan bilangan persentase.

Kemudian kata ‘percento’ diganti menjadi dua simbol, yakni kata ‘per’ yang diubah menjadi tanda garis miring (/) dan ‘cento’ yang diubah menjadi 00, sehingga membentuk simbol %.

Pada saat zaman komputasi modern, fraksi 1/100 ini sangat mirip dengan perhitungan metode persen untuk mencari bagian dari sebuah populasi (nilai keseluruhan). Simbol persen yang digunakan pun mengalami dari generasi ke generasi, awalnya digunakan kata latin percento untuk menerjemahkan bahasa ini.

Persentase juga dapat digunakan meskipun bilangan tersebut bukan termasuk dalam unsur ratusan. Namun, kemudian bilangan tersebut diskalakan supaya dapat dibandingkan dengan seratus.

Cara Menghitung Persentase

Berikut cara menghitung persentase adalah perlu melihat sebuah angka sebagai bagian dari suatu keseluruhan, yang dimana keseluruhan tersebut ditulis sebagai 100%.

Contoh:

Sebuah botol berisi minyak sebanyak 200 ml, kemudian ditambahkan minyak ke dalam botol tersebut sebanyak 20 ml. Berapa persen kenaikan volume minyak pada botol setelah ditambahkan?

Maka, persentase penambahan minyak pada botol tersebut adalah:

Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) x 100%

Persentase (%) = 20 / 200 x 100%

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...