5 Tempat Wisata Pantai di Jogja

Image title
9 Maret 2022, 14:18
Tempat wisata pantai di Jogja.
Instagram/adhe_aditya
Tempat wisata pantai di Jogja.

Meskipun dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta tak hanya menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Di sini ada banyak panorama alam indah yang bisa dijadikan tujuan rekreasi, salah satunya pantai.

Tempat wisata pantai di Jogja tak kalah dengan pantai-pantai lain di berbagai wilayah Indonesia. Di pantai Jogja, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas, mulai dari berenang, berselancar, snorkeling, memancing, atau sekadar duduk santai sambil menikmati kuliner yang dijual di sekitar pantai.

Advertisement

Tempat Wisata Pantai di Jogja

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis (Unsplash/Martin Baktiar Adi Setiawan)

Pantai Parangtritis menjadi salah satu wisata pantai populer di Jogja. Destinasi wisata alam yang satu ini terletak 27 km selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Pantai ini mempunyai pemandangan yang unik berupa gunung-gunung pasir yang disebut dengan gumuk. Selain menawarkan pantai yang landai, hamparan pasir yang luas, dan pemandangan laut yang terbuka, Pantai Parangtritis dihiasi pemandangan bukit kapur di sebelah utara.

Selain itu, pantai ini dikenal akan mitos Nyi Roro Kidul yang kekuasannya meliputi wilayah sepanjang pantai Samudera Hindia dari pesisir laut Ujung Kulon, Banten melewati  Pangandaran yang berbatasan dengan Jawa Tengah, terus ke Pantai Parangtritis, Yogyakarta sampai ke daerah Tapal Kuda, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bahkan, terdapat larangan mengenakan pakaian warna hijau saat berkunjung ke Parangtritis karena itu warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Menurut buku "Sahabatku Indonesia Memahami Indonesia Melalui Sastra" oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nyi Roro Kidul memiliki nama asli Dewi Retna Suwida, seorang putri Kerajaan Pajajaran, anak Prabu Mundhingsari dari istrinya yang bernama Dewi Sarwedi.

Namun, selain Pantai Parangtritis beserta mitosnya, masih banyak pantai di Jogja yang bisa dijadikan destinasi wisata akhir pekan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tempat wisata pantai di Jogja:

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti (bob.kemenparekraf.go.id)

Pantai pasir putih yang satu ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk berkunjung ke pantai ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 saja.

Di Pantai Indrayanti, pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih beserta karang-karang eksotis. Selain itu, sudah tersedia berbagai fasilitas, seperti musala, restoran, toilet, kafe, hingga penginapan yang menunjang kenyamanan wisatawan.

Pihak pengelola wisata juga sudah memastikan bahwa tidak ada yang membuang sampah sembarang di area wisata ini. Tidak hanya wisatawan, pedagang di sekitar juga akan mendapat sanksi denda jika membuang sampah sembarangan. Sanksi ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan di sekitar Pantai Indrayanti.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai pasir putih ini cukup ramai pengunjung karena lokasinya yang mudah dicapai dan tidak jauh dari area parkir sehingga pengunjung tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk tiba di pantai.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement