10 Destinasi Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Gunungkidul cukup terkenal di kalangan wisatawan. Terdapat banyak pemandangan alam yang siap memanjakan mata pengunjung. Berikut 10 destinasi wisata pantai Gunungkidul, Yogyakarta.
Image title
8 Oktober 2021, 14:15
Pantai Sundak, salah satu pantai Gunungkidul yang ramai dikunjungi wisatawan.
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190929059.jpg
Pantai Sundak, salah satu pantai Gunungkidul yang ramai dikunjungi wisatawan.

Yogyakarta memiliki limpahan destinasi wisata. Mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga wisata perkotaan siap menyambut pengunjung untuk bertamu. Bukan hanya itu, kota pelajar ini juga memiliki destinasi alam yang tak kalah memukau.

Kabupaten Gunungkidul jadi salah satu lokasi andalan masyarakat Yogyakarta yang hendak berpelesir ke pantai. Daerah ini memiliki jajaran pantai, mulai dari yang telah terjamah sampai yang masih sepi dan asri. Hampir sebagian besar pantai memiliki pasir putih dan air laut jernih.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 destinasi wisata Pantai Gunungkidul:

1. Pantai Siung

Pantai yang memiliki batu-batu karang berukuran besar ini berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Dalam bahasa Jawa, Siung berarti gigi taring. Nama pantai ini terinspirasi dari sebuah batu karang besar berbentuk seperti gigi kera atau disebut Siung Wanara.

Pantai Siung sering dimanfaatkan sebagai lokasi panjat tebing, karena memiliki lebih dari 250 jalur panjat tebing yang menantang untuk ditaklukan.

Pantai yang berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini menyediakan area camping bagi pengunjung yang hendak bermalam.

2. Pantai Indrayanti

Destinasi wisata dengan garis pantai yang cukup panjang ini berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru nan jernih.

Selain asri, Pantai Indrayanti juga sudah dilengkapi berbagai prasarana memadai, mulai dari restoran, kafe, hingga deretan penginapan tempat pengunjung beristirahat.

Selain itu, pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Pulang Sawal ini menyediakan gazebo-gazebo sebagai tempat bagi pengunjung bersantai, sembari menikmati sejuknya Pantai Indrayanti.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih yang lembut dan diselimuti oleh tebing-tebing karang yang memanjakan mata.

Pantai yang mulai populer sejak 2012 ini memiliki keunikan, yakni keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.

Ketika air laut surut, pantai yang terletak di Kecamatan Tepus ini akan menampakan bebatuan karang dan ikan yang siap ditangkap. Ombak di pantai ini masih cukup tenang untuk sekadar bermain air. Ada juga payung-payung yang  disewakan bagi pengunjung yang ingin berteduh.

Di sisi timur Pantai Pok Tunggal terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi. Wisatawan bisa mendaki bukit dengan melewati jalan setapak di sebelah timur pantai.

4 .Pantai Sadranan

Masyarakat setempat sering menjadikan Pantai Sadranan sebagai tempat berkegiatan religi. Pasir putih, ombak tenang, dan air yang jernih menjadikan Pantai Sadranan sebagai lokasi andalan masyarakat Yogya untuk menjelajar area bawah laut alias snorkeling.

Jika pengunjung tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dari jasa penyewaan alat snorkeling di sekitaran pantai dengan harga terjangkau. 

Pengunjung juga bisa duduk santai di gazebo-gazebo yang tersedia di bibir pantai. Lokasi Pantai Sadranan ini hanya berjarak sekitar dua jam dari pusat Kota Yogya.

5. Pantai Sundak

Pantai yang berlokasi di Tepus ini menyimpan nilai sejarah. Sebelum bernama Sundak, pantai ini dulunya bernama Pantai Wedibelah.

Asal muasal namanya cukup unik. Konon pada 1976, seekor anjing bermain di pantai ini dan masuk ke sebuah gua. Di dalam, anjing tersebut bertemu seekor landak. Si anjing yang kelaparan berusaha memangsa landak, namun sang landak berkelit. Alhasil, terjadilah perkelahian dan si anjing berhasil menang dan memakan daging landak.

Peristiwa tersebut mengilhami nama Sundak, yang merupakan singkatan dari asu (anjing) dan landak.

6. Pantai Kukup

Pantai ini berada di Kecamatan Tanjungsari, berdekatan dengan Pantai Baron dan Krakal. Kebanyakan wisatawan menjadikan ketiga pantai ini sebagai tujuan wisata sekaligus dalam satu waktu.

Dengan pasir putih yang lembut, Pantai Kukup juga memiliki batu karang raksasa yang unik dan tampil mencolok. Selain itu, terdapat juga sebuah jembatan yang bisa digunakan sebagai sarana penyeberangan menuju batu karang.

Airnya yang dangkal, jernih, dan dihiasi ikan-ikan kecil berkeliaran, menjadikan Pantai Kukup cocok untuk sekadar bermain air. Selain itu, ada juga deretan payung dan tikar yang disewakan bagi pengunjung yang ingin berteduh di pinggir pantai ini.

7. Pantai Baron

Pantai Baron cukup populer di kalangan masyarakat Yogyakarta. Pantai ini memiliki keunikan berupa sungai air tawar yang berada di bawah tanah dan mengalir ke laut.

Pantai ini kerap dijadikan tempat melakukan upacara sedekah laut oleh nelayan setiap tanggal satu suro penanggalan Jawa. Pantai ini juga menyediakan beragam fasilitas, seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, hingga perahu mesin.

Selain itu, terdapat mercusuar yang berdiri di atas bukit sebelah timur pantai dan menjadi ikon destinasi wisata satu ini.

8. Pantai Ngobaran

Selain pesona alamnya yang memesona, Pantai Ngobaran memiliki kebudayaan agama yang saling bertoleransi. Di sini, terdapat empat tempat ibadah untuk empat kepercayaan yang berbeda, dan  dibangun berdekatan.

Salah satu tempat ibadah yang paling jelas adalah bangunan mirip pura yang dilengkapi dengan patung dewa berwarna putih. Konon, bangunan itu dibuat pada 2003 untuk menyambut keturunan raja Majapahit, Brawijaya V.

Selain itu, terdapat masjid yang menghadap ke selatan. Wisatawan muslim bisa menunaikan ibadah salat di masjid ini.

Akses untuk menuju Pantai Ngobaran terbilang mudah dan lancar sebab jalannya sudah beraspal dan tidak terjal. Selain itu, jalan sudah bisa dilewati kendaraan pribadi hingga bus.

9. Pantai Krakal

Pantai yang berada di Kecamatan Tanjungsari ini dihiasi pasir putih dan batu karang tempat ikan-ikan kecil bersembunyi. Selain itu, ombak di pantai ini juga terbilang ramah, sehingga cocok untuk sekadar bersantai menikmati matahari tenggelam.

10. Pantai Drini

Saat sedang surut, pengunjung bisa menyeberangi pantai ini menuju sebuah bukti di tengah pantai. Di puncak bukit, wisatawan akan disuguhkan indahnya gugusan pantai dari atas.

Tersedia juga jasa penyewaan kano dan pelampung untuk pengunjung yang ingin melakukan aktivitas di pantai. Selain itu, terdapat jejeran gazebo beratap alang-alang untuk pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait