8 Rekomendasi Wisata Alam Banten Paling Populer

Provinsi Banten menjadi salah satu destinasi wisata pilihan, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Berikut 8 pilihan wisata alam Banten yang patut dikunjungi.
Image title
14 Maret 2022, 13:16
Ilustrasi, wisata alam Banten. Pengunjung memadati pantai pasir putih di Anyer, Serang, Banten.
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/rwa.
Ilustrasi, wisata alam Banten. Pengunjung memadati pantai pasir putih di Anyer, Serang, Banten.

Provinsi Banten menjadi salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin melepas penat rutinitas. Daerah ini berada di paling ujung barat Pulau Jawa, dan menyediakan banyak aneka destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur baik bersama pasangan, teman atau keluarga.

Selain kaya akan sejarah, budaya dan religi, Banten memiliki keindahan alam yang tak akan mengecewakan hati. Lokasi wisata yang tak jauh dari pusat Jakarta juga membuat Banten menjadi salah satu destinasi favorit warga ibukota.

Wisata alam Banten yang kerap menjadi destinasi favorit bagi para turis, baik domestik maupun mancanagera, adalah Taman Nasional Ujung Kulon, Pantai Anyer, dan Tanjung Lesung. Namun, di daerah ini masih banyak lagi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut rekomendasi wisata alam Banten yang dikutip dari Liputan6.com:

Advertisement

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Rekomendasi wisata alam Banten yang pertama tentunya adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Area ini merupakan hutan lindung luas, yang di dalamnya terdapat banyak ekosistem yang dapat dinikmati seperti hutan pantai, mangrove, rawa air tawar, padang rumput, dan hutan hujan tropis. Di kawasan ini Anda juga bisa melihat langsung satwa dilindungi seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing hutan. Tak hanya itu, di dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon juga terdapat satwa liar lain, seperti banteng, rusa, babi hutan, muncak, pelanduk, merak.

2. Pulau Umang

Pilihan kedua untuk wisata alam Banten adalah Pulau Umang. Area wisata ini merupakan pulau resort yang berada di wilayah Anyer. Destinasi wisata yang satu ini dapat dicapai melalui perjalanan menggunakan speedboat dari pantai Sumur, Pandeglang, yang berjarak sekitar empat jam perjalanan dengan mobil dari kota Jakarta. Lokasinya juga sangat strategis bagi para penjelajah alam karena dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Karena letaknya yang strategis, Pulau Umang kerap disinggahi sebelum wisatawan hendak ke Taman Nasional Ujung Kulon.

3. Pulau Sangiang

Masih seputar pulau, rekomendasi wisata alam Banten berikutnya adalah Pulau Sangiang. Pulau ini merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Sunda. Pulau Sangiang kini menjadi taman wisata alam dengan beragam potensi mulai dari keindahan alam, bahari, dan budaya. Keindahan alam dan pantai serta karang yang dihiasi ikan berwarna-warni merupakan objek wisata utama di kawasan ini.

4. Situ Cipondoh

Tempat wisata alam Banten yang satu ini merupakan kawasan wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan sayang sekali jika dilewatkan. Di tempat ini, wisatawan dapat memanjakan anak-anak dengan berbagai wahana permainan yang seru dan menyenangkan.

Hanya dengan membayar sekitar Rp 2-3 ribu saja Anda sudah dapat menikmati berbagai wisata yang seru, seperti menyewa perahu air atau mencoba flying fox, dan juga banyak wahana lainnya yang dapat kamu nikmati di Situ Cipondoh.

5. Kampung Baduy

Kampung Baduy merupakan bagian dari wisata alam Banten yang tidak hanya menyuguhkan eksotisme lingkungan dan hewan, namun interaksi dengan penduduknya yang inspiratif. Lokasinya yang terletak di Desa Lebak, Banten ini merupakan kampung asli suku Baduy, yang masih sangat menjaga wasiat dan budaya turun temurun dari nenek moyang mereka.

Di kampung ini, masyarakatnya juga masih mempercayai ritual-ritual adat yang masih terjaga hingga saat ini. Oleh karena itu, kampung ini kini dijadikan sebuah destinasi wisata di Banten yang banyak di jadikan tujuan wisata para wisatawan, yang dikenal dengan nama Saba Budaya Baduy. Namun, untuk mencapai kampung Baduy sebaiknya Anda menyiapkan fisik, karena perjalanan menuju ke sana harus melalui jalur pendakian selama 4-5 jam.

Selain itu, Anda juga diwajibkan mengikuti aturan di dalam Kampung Baduy, seperti tidak memfoto atau mengambil video lewat perangkat apa pun. Kemudian, jika mandi di sungai tidak boleh menggunakan sabun, sampo, dan pasta gigi. Selain itu, masyarakat Baduy dikenal sangat memelihara alam dengan baik, sehingga wisawatan yang berkunjung dilarang keras membuang sampah sembarangan.

6. Anak Gunung Krakatau

Destinasi di sektor pariwasata Banten memang tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, salah satunya adalah anak Gunung Krakatau. Gunung ini sempat meletus dengan dahsyat pada masa lalu. Tragedi ini membuat gunung ini begitu dikenal, bahkan hingga ke penjuru dunia.

Meskipun pernah meletus dengan dahsyat, namun saat ini gunung krakatau tetap menjadi destinasi wisata alam Banten yang populer. Salah satunya adalah pendakian ke Gunung krakatau dan juga beberapa titik spot snorkling di sekitar anak Gunung Krakatau yang pemandangannya tidak perlu diragukan lagi.

7. Pantai Cihara

Pilihan wisata alam Banten selanjutnya adalah pantai. Tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi pertama adalah Pantai Cihara dan menjadi tempat wisata yang cocok banget bagi kamu yang suka selfie atau gemar dalam dunia fotografi. Pantai yang memiliki banyak tebing-tebing tinggi yang indah ini menjadikan pantai ini banyak terdapat spot-spot foto yang menarik dan tentunya sangat instagramable. Pantai Cihara ini berada di Ciparahu, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten.

8. Pantai Anyer Banten

Rekomendasi wisata alam Banten yang terakhir adalah Pantai Anyer. Pantai yang menjadi kebanggan warga Serang, Banten ini merupakan sebuah pantai yang berpasir putih yang indah yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Di kawasan wisata Pantai Anyer ini kamu dapat menikmati indahnya pantai dengan berenang di pesisir pantai, bermain water sport, snorkling dan juga menikmati indahnya Sunset.

Demikianlah delapan rekoemndasi wisata alam Banten yang asyik dikunjungi. Selain itu perlu dipersiapkan beberapa hal seperti bekal dan obat Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) guna mengantisipasi segala kemungkinan buruk terjadi.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait