7 Pilihan Wisata Alam Sleman yang Harus Dikunjungi

Berikut tujuh rekomendasi lokasi wisata alam Sleman yang bisa dikunjungi baik bersama teman, pasangan dan keluarga.
Image title
14 Maret 2022, 11:38
Ilustrasi, wisata alam Sleman. Jeep wisata di Pos Merapi Land Cruiser Community (MLCC) Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta.
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Ilustrasi, wisata alam Sleman. Jeep wisata di Pos Merapi Land Cruiser Community (MLCC) Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta.

Bagi Anda yang hobi berwisata maka tidak boleh melewatkan Kabupaten Sleman juga memiliki banyak daya tarik tersendiri terkait panorama alam yang dimilikinya. Kekayaan alam dan keindahan yang disajikan bahkan berhasil menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu yang paling populer adalah Gunung Merapi, di mana wisatawan akan menemukan banyak spot wisata menarik yang bakal membuat terpana. Belum lagi destinasi wisata kuliner Sleman yang dijamin akan menggugah seleramu.

Namun, destinasi wisata di Sleman tidak hanya Gunung Merapi. Dilansir dari tripzilla.id, berikut ini aneka wisata alam Sleman yang bisa menjadi rekomendasi bagi para wisatawan untuk dijelajah bersama kawan, pasangan dan keluarga

1. Gunung Merapi

Advertisement

Rekomendasi wisata alam Sleman yang pertama pastinya Gunung Merapi. Gunung ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, dan wisatawan juga dapat mendapatkan banyak edukasi dan informasi sejarah mengenai gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Selain pemandangan yang indah, Anda juga disuguhi wisata edukasi yang menarik. Sebab, pengelola Gunung Merapi juga menyuguhkan diorama dan video-video mengenai letusan Gunung Merapi dalam satu abad terakhir, hingga yang terdahsyat dalam satu dekade terakhir, yaitu pada 2010. Bahkan, ada tiruan gempa dan tsunami yang sangat edukatif.

Adapun alamat dari museum Gunung Merapi ini berada di Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke kawasan ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena harga tiketnya hanya Rp 5 ribu per orang.

2. Bukit Klangon

Pilihan wisata alam Sleman selanjutnya adalah Bukit Klangon, yang menjadi spot yang menarik. Dari bukit ini, wisatawan dapat melihat jelas retakan di puncak Gunung Merapi. Bahkan, melalui bukit ini, Anda bisa melihat awan panas Gunung Merapi, atau yang biasa disebut "wedhus gembel" yang keluar dari kubah lava. Ini memungkinkan, karena jarak antara Bukit Klangon dan puncak Gunung Merapi hanya 4 kilometer (km).

Saat ini di masa tenangnya, pemandangan Gunung Merapi yang terlihat dari Bukit Klangon tergolong sangat indah, sehingga wisatawan dapat berswafoto sesuka hati di lokasi ini. Selain itu, wisatawan juga dapat mengadakan acara berkemah di bukit ini. Namun, menggelar acara camping di Bukit Klangon ini tidak bisa dilakukan setiap saat, karena area perkemahan hanya dibuka pada akhir pekan dan hari libur nasional. Selain itu, area perkemahan juga memiliki beberapa aturan yang wajib ditaati oleh pengunjung.

Untuk menikmati keindahan Gunung Merapi melalui Bukit Klangon, harga tiketnya tergolong sangat murah, yakni Rp 5 ribu per orang. Adapun lokasinya ada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Agrowisata Bhumi Merapi

Dalam berwisata Anda bisa mencoba mengajak anak untuk mengenal alam sambil menjelajahi kekayaan Gunung Merapi. Salah satu spot terbaik untuk melakukannya adalah di kawasan agrowisata Bhumi Merapi. Salah satu atraksi menarik perhatian pengunjung adalah rumah Hobbit, yang desainnya bisa Anda lihat dari foto di atas.

Selain pemandangan yang indah, dan spot foto yang menarik, kawasan agrowisata Bhumi Merapi juga menawarkan beragam aktivitas, mulai mulai dari bercocok tanam, beternak bahkan berkuda. Lokasinya yang menyatu dengan alam menambah keunikan wisata alam Sleman yang satu ini.

Adapun lokasinya berada di Jalan Kaliurang Km. 20, Sawangan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan harga tiket Rp 10 ribu setiap orangnya.

4. The Lost World Castle

Benteng yang bertemakan The Lost World Castle ini merupakan benteng yang dibuat secara khusus untuk tujuan wisata. Meski belum sepenuhnya beroperasi, benteng ini sudah memiliki sejumlah fasilitas yang cocok untuk yang suka berfoto ria. Selain itu, melalui benteng ini wisatawan juga dapat melihat pemandangan yang indah disertai aktivitas-aktivitas menarik, seperti sepeda motor terbang dan banyak atraksi lain yang dijamin membuat Anda betah menghabiskan waktu di benteng ini.

Letaknya berada di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke wahana ini cukup membayar Rp 25 ribu per orang.

5. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Salah satu tujuan wisata alam Sleman yang kini menjadi tren adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Selain bisa mengamati pemandangan yang indah dari ketinggian, kamu juga akan dimanjakan oleh sejumlah spot swafoto kekinian lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

Walaupun sudah berusia cukup tua, gardu pandang Merapi ini tetap berdiri kokoh, dan dilengkapi beberapa fasilitas yang menunjang pengunjung untuk berlibur. Selain itu, Taman Gardu Pandang Kaliurang juga merupakan tempat digelarnya Festival of Light, yang merupakan event tahunan yang berlangsung selama 45 hari.

Titik lokasi dari area wisata ini ada di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk untuk kawasan ini adalah sebesar Rp 3 ribu per orang.

6. Candi Sambisari

Pada umumnya proses pendirian bangunan candi akan lebih tinggi tinggi dari tanah di sekitarnya. Namun, lain halnya dengan Candi Sambisari, yang permukaannya berada jauh lebih rendah dari tanah di sekitarnya. Keunikan inilah yang membuat Candi Sambisari menjadi terkenal.

Tempat candi ini memiliki bangunan satu candi induk dan tiga candi pendamping. Selain lokasinya yang cukup tenang, panorama yang bisa dilihat wisatawan di sini juga luar biasa. Anda juga bisa menuju ke museum mini, yang memberikan gambaran dan sejarah mengenai Candi Sambisari.

Candi ini berlokasi di Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk masuk ke dalam komplek Candi Sambisari, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 3 ribu per orang.

7. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko memiliki keistimewaan tersendiri dan patut dilirik ketika Anda berkunjung ke Sleman, karena bukan merupakan situs arkeologi biasa. Melihat sejarahnya, istana ini sebenarnya adalah bekas kompleks yang terdiri dari beberapa bagian bangunan megah. Situs ini dipercaya berdiri pada abad ke-8, dan digunakan pada masa Wangsa Sailendra dari Kerajaan Medang. Diduga kuat, situs ini merupakan bekas istana raja terlihat dari pola bangunannya yang bukan merupakan pola relijius, tetapi lebih menyerupai istana dan benteng.

Sebagai salah satu pilihan wisata alam Sleman, Ratu Boko sebenarnya adalah spot yang sangat bagus untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Lokasinya yang berada di atas bukit, lengkap dengan lingkungan yang asri dan nyaman, akan membuat wisatawan yang berkunjung sulit untuk meninggalkan tempat ini.

Lokasinya berada di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiketnya pun cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 10 ribu untuk anak-anak dan Rp 25 ribu bagi orang dewasa.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait