8 Makanan Khas Ukraina yang Unik dan Menarik

Image title
22 Maret 2022, 15:30
Ilustrasi, makanan khas Ukraina yang terbuat dari buah bit, Borscht.
Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi, makanan khas Ukraina yang terbuat dari buah bit, Borscht.

Dunia sedang menyorot krisis yang terjadi di Ukraina akibat invasi Rusia. Sebelumnya, hubungan Rusia-Ukraina berjalan kurang baik selama bertahun-tahun. Kemudian, pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina. Akibatnya, sejumlah besar warga sipil terbunuh selama perang ini.

Invasi Rusia berdampak pada banyak sektor di Ukraina, termasuk pasokan makanan. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui akun Twitter pada Sabtu (19/3) menyatakan bahwa perang di Ukraina mengganggu rantai pasokan dan menyebabkan harga bahan bakar, makanan, dan transportasi meroket.

Ukraina terkenal dengan julukan ‘Keranjang Roti Eropa’ karena berlimpahnya produksi gandum dan produk makanan lainnya. Menurut CIA World Factbook, Ukraina menghasilkan 25 persen dari semua hasil pertanian di negara bekas Uni Soviet. Oleh sebab itu, perang yang sedang berlangsung menghambat distribusi pasokan makanan bagi negara-negara tujuan ekspor.

Terlepas dari perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung, Ukraina memiliki sejumlah hidangan yang unik dan menarik. Melansir Ukraine.ua, makanan khas Ukraina dikenal karena rasanya yang lezat, teknologi memasak tradisional, dan sikap warga yang murah hati dalam melayani tamu.

Berikut beragam makanan khas Ukraina yang unik dan menarik.

1. Borscht

Borscht adalah makanan khas Ukraina yang terbuat dari buah bit. Sup tradisional ini termasuk dalam warisan tak benda Ukraina. Borscht biasanya disajikan dengan bawang putih goreng yang disebut pampushky.

Bahan utama borscht adalah daging, buah bit, dan berbagai sayuran seperti kacang-kacangan dan kubis, meskipun ada juga pilihan borscht tanpa daging dan buah bit. Hidangan ini memiliki warna merah khas dengan rasa manis dan asam yang seimbang. Biasanya, borscht disajikan saat makan malam Natal.

2. Varenyky

Varenyky adalah pangsit rebus yang diisi dengan kentang, keju, atau isian lainnya, seperti kubis rebus, daging cincang atau jeroan ayam, jamur, keju cottage, ceri, kismis atau kentang. Varenyky biasanya disajikan dengan bawang asin yang di karamel, krim asam atau kulit babi goreng.

3. Chicken kiev

Chicken kiev merupakan makanan khas Ukraina yang terbuat dari filet ayam yang ditumbuk dan digulung dengan mentega dingin, kemudian dilapisi dengan telur dan remah roti lalu digoreng atau dipanggang.

Melansir Economist, chicken kiev berasal dari wilayah Muscovy di Kekaisaran lama. Resep Hidangan ini dimodifikasi pada abad ke-19 oleh seorang koki Ukraina, sehingga disebut chicken kiev.

4. Paska

Paska adalah roti telur yang manis dan dihias dengan simbol-simbol keagamaan. Adonan roti paska biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, mentega dan telur. Paska juga dapat dicampur dengan kismis atau buah kering lainnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...