10 Orang Terkaya di Dunia 2022 Versi Bloomberg Billionaire Index

Bloomberg Billionaire Index merilis 10 daftar orang terkaya di dunia 2022. Tiga teratas ada Elon Musk, Jeff Bezos, dan Bernard Arnault Berikut total kekayaan orang terkaya di dunia.
Dwi Latifatul Fajri
23 Maret 2022, 17:10
Ilustrasi, Elon Musk dan Jeff Bezos. Bloomberg Billionaire Index merilis daftar orang terkaya di dunia 2022, beberapa nama di antaranya termasuk Elon Musk dan Jeff Bezos.
Instagram @jeffbezos dan @elonmrmuskk, Katadata/Desy Setyowati
Ilustrasi, Elon Musk dan Jeff Bezos. Bloomberg Billionaire Index merilis daftar orang terkaya di dunia 2022, beberapa nama di antaranya termasuk Elon Musk dan Jeff Bezos.

Tahun ini, Bloomberg Billionaire Index merilis daftar 10 orang terkaya di dunia. Daftar orang terkaya di dunia ini dari pendiri perusahaan teknologi, miliarder, dan pebisnis ternama di dunia.

Tahun lalu, urutan pertama orang terkaya di dunia adalah Bernard Arnault. Pemilik mode fashion Louis Vuitton (LV), Bernard Arnault berada di posisi pertama orang terkaya di dunia menurut Forbes.

Total kekayaan Bernard Arnault mencapai US$ 197,5 miliar atau sekitar Rp 2.843 triliun (asumsi kurs Rp 14.396/US$). Menurut Forbes, kekayaannya semakin naik sejak Maret 2020.

Posisi kedua ditempati Jeff Bezos, pendiri e-commerce Amazon, dengan nilai kekayaan mencapai US$ 193,1 miliar. Adapun, urutan ketiga ditempati oleh CEO Tesla, Elon Musk dengan total kekayaan sebesar US$ 185,3 miliar.

Advertisement

Daftar Orang Terkaya Di Dunia

Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index yang dirilis pada Februari 2022, berikut urutan orang terkaya di dunia:

1. Elon Musk

Tahun 2022, Elon Musk berada di urutan pertama orang terkaya di dunia. Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaire Index 2022, nilai total saham Tesla sekitar 153 miliar dollar.

Sementara itu kekayaan bersih Elon Musk senilai US$ 223 miliar, atau sekitar Rp 3,2 triliun. Kekayaan tersebut terdiri dari investasi teknologi ruang angkasa, aset pribadi sebesar 40,3 miliar dollar, dan uang tunai senilai 3,9 miliar dollar.

Tahun 2004, Elon Musk adalah penyandang utama Tesla Motors. Kemudian, dia menjadi CEO untuk perusahaan produsen mobil listrik tersebut. Selain itu, Elon Musk juga menjadi CEO Spacex yaitu perusahaan pengembang roket luar angkasa.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah founder dan chairman Amazon. Jeff Bezos berada di urutan kedua sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan bersih mencapai US$ 178 miliar atau sekitar Rp 2,5 triliun.

Jeff Bezos memiliki saham di Amazon sekitar 10% senilai US$ 153 miliar. Jeff Bezos juga memiliki aset lain di perusahaan swasta seperti Blue Origin senilai US$ 9.15 miliar.

3. Bernard Arnault

Mengutip dari businessinsider.in, Bernard Arnault adalah pemilik merek mode terkemuka Louis Vuitton (LV). Ia berada di peringkat ketiga orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaire Index.

Kekayaan bersih Bernard Arnault mencapai US$ 155 miliar. Ia juga memiliki 97,5% kepemilikan Christian Dior senilai US$ 126 miliar.

4. Bill Gates

Bill Gates menempati urutan keempat dalam daftar orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai US$ 127 miliar. Bill Gates memiliki saham Microsoft senilai US$ 30,8 miliar. Dia juga memiliki investasi di bidang energi dan real estat.

5. Larry Page

Urutan kelima orang terkaya di dunia ditempati Larry Page, pendiri Alphabet (perusahaan induk Google). Ia dikenal sebagai salah satu pendiri atau co-founder Google, dan turut merancang algoritma Google. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 120 miliar. Larry Page juga menjadi investor eksplorasi ruang angkasa dan perusahaan pertambangan asteroid, Planetary Resources.

6. Warren Buffet

Warren Buffet memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 116 miliar. Ia juga memiliki 16% saham di Berkshire Hathaway yang nilainya diperkirakan mencapai US$ 114 miliar.

7. Sergey Brin

Sergey Brin adalah pengusaha dan salah satu pendiri Alphabet Inc. Sergey Brin mendirikan Google bersama Larry Page 1998 silam.

Total kekayaan bersih Sergey mencapai US$ 115 miliar. Ia juga termasuk anggota dewan dan pendiri perusahaan Alphabet Inc. Kekayaannya terdiri dari 6% saham Alphabet Inc, dengan nilai sekitar US$ 100,5 miliar, serta aset tunai senilai US$ 14,7 miliar.

8. Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah pemilik tim basket Los Angeles Clippers. Total kekayaan bersih Steve Ballmer ditaksir senilai US$ 107 miliar. Ia juga memiliki sekitar 4% saham di Microsoft senilai US$ 99,6 miliar.

Steve Ballmer sempat bergabung dengan Microsoft tahun 1980. Bahkan, ia pernah menjabat sebagai CEO menggantikan Bill Gates pada tahun 2000.

9. Larry Ellison

Larry berada di urutan 9 orang terkaya di dunia. Dia adalah chairman dan co-founder Oracle. Larry Ellison memiliki kekayaan bersih senilai US$ 94,6 miliar. Ia juga memiliki 40% kepemilikan Oracle senilai US$ 63,3 miliar.

10. Mukesh Ambani

Mukesh berada di urutan 10 orang terkaya di dunia. Pengusaha asal India ini memiliki kekayaan bersih sekitar US$ 93 miliar. Ia juga memiliki investasi di bidang properti residensial di Mumbai, senilai US$ 410 juta.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait