10 Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022

Dwi Latifatul Fajri
28 Maret 2022, 11:53
Ilustrasi, Perdana Menteri Jepang dan pemimpin Partai Demokrat Liberal, Fumio Kishida. Berdasarkan data World Population Review, Jepang tercatat sebagai negara dengan utang terbanyak di dunia.
ANTARA FOTO/Rodrigo Reyes Marin/Pool via REUTERS/HP/sa.
Ilustrasi, Perdana Menteri Jepang dan pemimpin Partai Demokrat Liberal, Fumio Kishida. Berdasarkan data World Population Review, Jepang tercatat sebagai negara dengan utang terbanyak di dunia.

World Population Review merilis negara dengan hutang terbanyak tahun 2022. Negara Jepang berada di peringkat pertama sebagai negara dengan utang terbanyak, menurut World Population Review.

Jepang memiliki populasi penduduk sebesar 127.185.332. Negara tersebut memiliki utang nasional tertinggi di dunia, yang mencapai 234,18% dari produk domestik bruto (PDB). Total hutang nasional Jepang ditaksir mencapai US$ 9.087 triliun.

Setelah pasar modal Jepang mengalami penurunan tajam, pemerintah melakukan bailout terhadap bank dan perusahaan asuransi, dengan memberi kredit berbunga rendah. Lembaga perbankan harus dikonsolidasikan dan dinasionalisasi setelah jangka waktu tertentu, dan stimulus fiskal lainnya digunakan untuk membantu menghidupkan kembali ekonomi. Sayangnya, tindakan tersebut menyebabkan tingkat utang Jepang meroket.

Peringkat kedua negara dengan utang terbanyak di dunia ditempati oleh Yunani, dengan total utang sebesar US$ 379 miliar. Diikuti oleh Portugal di peringkat ketiga dengan total utang sebesar US$ 264 miliar.

Negara dengan Utang Terbanyak

Berikut daftar peringkat 10 besar negara dengan hutang terbanyak tahun 2022:

  1. Jepang US$ 9.087 triliun USD
  2. Yunani US$ 379 miliar USD
  3. Portugal US$ 264 miliar USD
  4. Italia US$ 2,48 triliun USD
  5. Bhutan US$ 2,33 miliar USD
  6. Siprus US$ 21,64 miliar USD
  7. Belgia US$ 456,18 miliar USD
  8. Amerika Serikat US$ 19,23 triliun USD
  9. Spanyol US$ 1,24 USD
  10. Singapura US$ 254 miliar USD

Negara dengan Rasio Utang Rendah

Beberapa negara memiliki hutang sedikit berdasarkan rasio terhadap PDB. Rasio utang ini menunjukkan kemampuan negara untuk kembali membayar utangnya.

Beberapa negara memiliki rasio utang terhadap PDB rendah. Tetapi, rasio ini tidak selalu menunjukkan ekonomi sehat di negara tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...