5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Bagi Pengusaha Pemula

Image title
30 Maret 2022, 18:05
Ilustrasi, Kebab Turki Baba Rafi, salah satu waralaba lokal yang banyak memiliki cabang di Indonesia. Bagi orang yang ingin memulai usaha, ada beberapa macam bisnis modal kecil yang dapat dipilih, salah satunya waralaba.
babarafiofficial/instagram
Ilustrasi, Kebab Turki Baba Rafi, salah satu waralaba lokal yang banyak memiliki cabang di Indonesia. Bagi orang yang ingin memulai usaha, ada beberapa macam bisnis modal kecil yang dapat dipilih, salah satunya waralaba.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak motivasi yang mendorong untuk memulai bisnis modal kecil. Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, bisnis modal kecil untung besar ini menjadi tren usaha yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri bisa diminati juga oleh kaum lainnya.

Meskipun ada beragam metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis modal kecil untung besar, masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang tinggi.

Berikut pilihan dan panduan dalam menjalankan bisnis modal kecil bagi pemula yang bisa diterapkan terutama bagi anak muda yang baru mulai merintis usaha. Dilansir dari cimbniaga.com, ada banyak keuntungan dalam belajar melakukan bisnis modal kecil seperti fleksibilitas mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, uang yang didapatkan jauh lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri.

Macam-Macam Model Bisnis Modal Kecil

1. Dropshipper

Apabila Anda ingin menggunakan dana yang ada untuk menjaga aspek maintenance pada bisnis Anda, mungkin menjadi dropshipper bisa jadi pilihan menarik untuk memulai bisnis modal kecil yang Anda akan jalani di masa pandemi ini. Sebagai dropshipper, Anda berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk.

Pada dasarnya, Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan Anda. Dalam bisnis modal kecil yang satu ini, yang Anda perlukan adalah supplier produk atau informasi produk yang bisa dibagikan kepada para pelanggan setia Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

2. Camilan dan Jajanan Ringan

Jajanana atau camilan ringan tidak pernah habis pasarnya karena tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Sebagai contoh, membuat 200 bungkus keripik anda cukup membutuhkan delapan hingga sepuluh kilogram singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Bahkan modal dari bisnis modal kecil untung besar satu ini tidak terlalu besar. JIka Anda adalah karyawan swasta atau pelajar, Anda dapat mulai menjajakan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...