5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Bagi Pengusaha Pemula

Berikut 5 pilihan bisnis modal kecil yang bisa dilakukan bagi para pemula sehingga bisa berkembang dengan efisien
Image title
30 Maret 2022, 18:05
Ilustrasi, Kebab Turki Baba Rafi, salah satu waralaba lokal yang banyak memiliki cabang di Indonesia. Bagi orang yang ingin memulai usaha, ada beberapa macam bisnis modal kecil yang dapat dipilih, salah satunya waralaba.
babarafiofficial/instagram
Ilustrasi, Kebab Turki Baba Rafi, salah satu waralaba lokal yang banyak memiliki cabang di Indonesia. Bagi orang yang ingin memulai usaha, ada beberapa macam bisnis modal kecil yang dapat dipilih, salah satunya waralaba.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak motivasi yang mendorong untuk memulai bisnis modal kecil. Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, bisnis modal kecil untung besar ini menjadi tren usaha yang diminati banyak kaum milenial. Tapi, tidak dipungkiri bisa diminati juga oleh kaum lainnya.

Meskipun ada beragam metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis modal kecil untung besar, masih banyak orang-orang yang terlalu takut untuk keluar dari zona nyaman. Padahal, dengan membuka usaha rumahan modal kecil, orang-orang akan membuka pintu wiraswasta dengan potensi profitabilitas yang tinggi.

Berikut pilihan dan panduan dalam menjalankan bisnis modal kecil bagi pemula yang bisa diterapkan terutama bagi anak muda yang baru mulai merintis usaha. Dilansir dari cimbniaga.com, ada banyak keuntungan dalam belajar melakukan bisnis modal kecil seperti fleksibilitas mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, uang yang didapatkan jauh lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri.

Macam-Macam Model Bisnis Modal Kecil

Advertisement

1. Dropshipper

Apabila Anda ingin menggunakan dana yang ada untuk menjaga aspek maintenance pada bisnis Anda, mungkin menjadi dropshipper bisa jadi pilihan menarik untuk memulai bisnis modal kecil yang Anda akan jalani di masa pandemi ini. Sebagai dropshipper, Anda berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli suatu produk.

Pada dasarnya, Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan Anda. Dalam bisnis modal kecil yang satu ini, yang Anda perlukan adalah supplier produk atau informasi produk yang bisa dibagikan kepada para pelanggan setia Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

2. Camilan dan Jajanan Ringan

Jajanana atau camilan ringan tidak pernah habis pasarnya karena tidak hanya diminati oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. Dari mulai pelajar dan pekerja banyak yang menyukai makanan ringan untuk camilan dikala melakukan aktivitas.

Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang memerlukan bahan yang mahal. Camilan berbahan dasar singkong, kentang dan ubi pun banyak diminati. Membuat keripik singkong beraneka rasa bisa menjadi pilihan bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan.

Sebagai contoh, membuat 200 bungkus keripik anda cukup membutuhkan delapan hingga sepuluh kilogram singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Bahkan modal dari bisnis modal kecil untung besar satu ini tidak terlalu besar. JIka Anda adalah karyawan swasta atau pelajar, Anda dapat mulai menjajakan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

3. Bisnis Kaos Pre Order

Industri fashion memang selalu berkembang dan tidak pernah mati sehingga bisa menjadi salah satu ide bisnis modal kecil untung besar. Namun membuka bisnis pakaian membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda hendak memulai bisnis pakaian kecil-kecilan, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis berjualan kaos secara pre order.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat memulai mengembangkan bisnis kaos pre order. Dengan sistem pre order kaos atau busana lain hanya akan diproduksi jika ada pemesan yang berminat membeli. Untuk memperkecil biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimal pemesanan untuk bisa naik produksi.

4. Jasa Titip Belanja

Berikutnya dalam model bisnis modal kecil adalah jasa titip atau jastip yang kini semakin marak seiring berkembangnya media sosial. Bisnis jasa titip ini merupakan bisnis modal kecil untung besar yang menarik. Modal yang harus dimiliki juga tidak begitu besar. Keuntungan yang didapat dari jasa titip yang membelikan barang titipan tersebut.

Bisnis modal kecil untung besar di bidang jasa titip ini memang terbilang baru di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial, usaha jasa titip ini semakin marak diminati. Jenisnya pun beragam macamnya, ada jasa titip dari luar negeri hingga jasa titip barang-barang di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya barang yang paling laris dicari untuk dititip belikan adalah kosmetik, makanan, furniture, pakaian, hingga mainan anak.

5. Bisnis Waralaba

Usaha kemitraan atau waralaba yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan franchise, produknya sudah dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang usaha modal kecil yang menjanjikan. Sebab, Anda hanya perlu menjual produk yang terkenal tanpa Anda perlu memasarkan, yang tentunya lebih cepat mendatangkan pembeli.

Sebenarnya bisnis waralaba atau franchise ini sudah berkembang lama, namun sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar dan hanya untuk bisnis makanan. Kenyataannya, banyak pilihan waralaba yang memulai dari modal kecil dan pastinya bisnis franchise ini tidak hanya makanan. Kini sudah ada franchise jasa laundry, jasa kirim barang, bahkan ada bisnis franchise tambal ban.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait