Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Image title
31 Maret 2022, 15:14
Ilustrasi, logo WhatsApp. Cara menyembunyikan status online di WhatsApp bisa digunakan agar orang tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau tidak.
PXHERE.COM
Ilustrasi, logo WhatsApp. Cara menyembunyikan status online di WhatsApp bisa digunakan agar orang tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau tidak.

WhatsApp memudahkan seseorang untuk bertukar pesan, gambar, video, hingga dokumen-dokumen penting. Aplikasi ini digunakan dalam berbagai segi kehidupan, baik dalam hal bersosial hingga urusan pekerjaan. Sehingga wajar jika akun memiliki bejibun notifikasi pesan masuk yang menunggu untuk segera dibalas.

Namun, ketika menerima pesan WhatsApp, terkadang ada saat ketika kita hanya ingin mengabaikannya saja. Entah karena alasan ingin beristirahat, sedang berlibur, atau ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Untuk itu, WhatsApp menyediakan fitur untuk menyembunyikan status 'online' pada akun seseorang.

Dengan status 'online' yang disembunyikan, mereka yang mengirim pesan tidak dapat mengetahui apakah Anda sedang menggunakan aplikasi atau tidak.

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Jika Anda tidak ingin kontak WhatsApp mengetahui status online di aplikasi perpesanan, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih Pengaturan.
  • Klik Akun.
  • Ketuk Privasi.
  • Pilih Last Seen dari daftar opsi.
  • Di jendela pop-up, pilih Tidak Ada/Nobody.

Perlu diingat, cara ini tidak menghilangkan tanda online sepenuhnya. Pengguna akan tetap terlihat online ketika membuka dan membaca pesan masuk di aplikasi WhatsApp mereka.

Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membaca pesan masuk di WhatsApp tanpa ketahuan online. Cara paling ampuh ialah dengan menonaktifkan jaringan di ponsel. Ketika menerima pesan dan ingin membalasnya tanpa ketahuan online, nonaktifkan terlebih dahulu Wi-Fi dan koneksi jaringan seluler.

Selanjutnya, buka pesan yang ingin Anda baca dan balas. Tulis balasan, kemudian tutup kembali aplikasi. Aktifkan Wi-Fi atau koneksi jaringan. Dengan begitu, WhatsApp akan mengirim pesan tanpa menampilkan status online.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membaca dan membalas pesan tanpa ketahuan sedang online adalah dengan membacanya melalui notifikasi. Buka pesan dengan menggulirkan bar notifikasi ke bawah. Anda dapat membalas pesan tanpa membuka aplikasi dengan mengetuk tombol Balas di bar notifikasi tersebut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...