Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Tak semua orang ingin langsung membalas pesan WhatsApp, karena berbagai alasan. Cara menyembunyikan status online di WhatsApp bisa dipakai agar orang tidak tahu apakah Anda menerima pesan atau tidak.
Image title
31 Maret 2022, 15:14
Ilustrasi, logo WhatsApp. Cara menyembunyikan status online di WhatsApp bisa digunakan agar orang tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau tidak.
PXHERE.COM
Ilustrasi, logo WhatsApp. Cara menyembunyikan status online di WhatsApp bisa digunakan agar orang tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah dibaca atau tidak.

WhatsApp memudahkan seseorang untuk bertukar pesan, gambar, video, hingga dokumen-dokumen penting. Aplikasi ini digunakan dalam berbagai segi kehidupan, baik dalam hal bersosial hingga urusan pekerjaan. Sehingga wajar jika akun memiliki bejibun notifikasi pesan masuk yang menunggu untuk segera dibalas.

Namun, ketika menerima pesan WhatsApp, terkadang ada saat ketika kita hanya ingin mengabaikannya saja. Entah karena alasan ingin beristirahat, sedang berlibur, atau ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Untuk itu, WhatsApp menyediakan fitur untuk menyembunyikan status 'online' pada akun seseorang.

Dengan status 'online' yang disembunyikan, mereka yang mengirim pesan tidak dapat mengetahui apakah Anda sedang menggunakan aplikasi atau tidak.

Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp

Jika Anda tidak ingin kontak WhatsApp mengetahui status online di aplikasi perpesanan, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Advertisement
  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih Pengaturan.
  • Klik Akun.
  • Ketuk Privasi.
  • Pilih Last Seen dari daftar opsi.
  • Di jendela pop-up, pilih Tidak Ada/Nobody.

Perlu diingat, cara ini tidak menghilangkan tanda online sepenuhnya. Pengguna akan tetap terlihat online ketika membuka dan membaca pesan masuk di aplikasi WhatsApp mereka.

Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membaca pesan masuk di WhatsApp tanpa ketahuan online. Cara paling ampuh ialah dengan menonaktifkan jaringan di ponsel. Ketika menerima pesan dan ingin membalasnya tanpa ketahuan online, nonaktifkan terlebih dahulu Wi-Fi dan koneksi jaringan seluler.

Selanjutnya, buka pesan yang ingin Anda baca dan balas. Tulis balasan, kemudian tutup kembali aplikasi. Aktifkan Wi-Fi atau koneksi jaringan. Dengan begitu, WhatsApp akan mengirim pesan tanpa menampilkan status online.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membaca dan membalas pesan tanpa ketahuan sedang online adalah dengan membacanya melalui notifikasi. Buka pesan dengan menggulirkan bar notifikasi ke bawah. Anda dapat membalas pesan tanpa membuka aplikasi dengan mengetuk tombol Balas di bar notifikasi tersebut.

Namun, membaca pesan WhatsApp melalui notifikasi memiliki kelemahan tersendiri, yaitu pengguna tidak dapat membaca keseluruhan pesan jika pesan yang mereka terima terlampau panjang.

Terakhir, untuk membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan online bisa dilakukan dengan mengaktifkan notifikasi pop-up. Dengan demikian, pengguna dapat membaca pesan, bahkan pesan panjang sekalipun, tanpa membuka aplikasi. Berikut cara menyembunyikan status online di WhatsApp saat membuka pesan lewat pop-up:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas.
  • Pilih Pengaturan/ Settings.
  • Pilih Notifikasi/ Notification.
  • Pilih Pop-Up Notifications.
  • Aktifkan mode pop-up notifications.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Jika Anda benar-benar tidak ingin diganggu oleh pesan atau panggilan yang masuk lewat aplikasi WhatsApp, Anda bisa memilih untuk menonaktifkan sementara aplikasi ini.

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan aplikasi tertentu maupun tanpa bantuan aplikasi. Namun ada cara yang lebih mudah dan sederhana untuk menonaktifkan sementara WhatsApp, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih menu "Setting" atau "Pengatuan" di smartphone Anda.
  • Selanjutnya, pilih menu "Aplikasi" atau "Manajer Aplikasi" atau "Aplikasi terinstall".
  • Dari deretean aplikasi tersebut, pilih logo aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk pilihan "Paksa Berhenti" atau "Force Stop"atau "Stop".
  • Selanjutnya, klik "Oke" untuk konfirmasi.

Jika sudah, WA akan dinonaktifkan untuk sementara waktu. Seseorang yang mencoba mengirim pesan kepada Anda hanya akan menerima info centang satu atau pesan belum terkirim ke WA tertuju.

Selain cara di atas, Anda bisa menonaktifkan notifikasi WA dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu "Setting" atau "Pengaturan" pada smartphone Anda.
  • Pilih "Aplikasi" atau "System Apps".
  • Buka "Daftar Aplikasi" atau "Manage Apps".
  • Pilih aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk "Notifikasi" dan nonaktifkan semua pemberitahuan. Anda juga bisa menonaktifkan getaran dan tampilan WA di layar depan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait