Mengenal Istilah Investasi Leher ke Atas dan Tips Menjalankannya

Image title
5 April 2022, 10:48
Ilustrasi, seseorang membaca buku. Investasi leher ke atas merupakan istilah kegiatan investasi untuk meningkatkan kualitas diri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah, menambah pengetahuan dengan membaca buku.
Pexels.com/Koshevaya_k
Ilustrasi, seseorang membaca buku. Investasi leher ke atas merupakan istilah kegiatan investasi untuk meningkatkan kualitas diri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah, menambah pengetahuan dengan membaca buku.

Saat ini tren investasi mulai melejit seiring perkembangan sosial media. Terutama milik khalayak dan kerabat yang mulai mempelajari mengenai saham, reksa dana, hingga obligasi. Tidak heran, investor di Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan investor saham di tahun 2022 tahun lalu pun naik lebih dari 100%.

Dalam hal ini belum termasuk persentase di atas dan ingin berinvestasi, Anda bisa mulai menggunakan instrumen investasi dengan profil risiko yang rendah. Ketika Anda ingin mulai berinvestasi, Anda tidak hanya sekadar mengikuti tren belaka. Jangan sampai Anda berutang ke bank atau orang lain karena tergiur profit yang besar dan prosesnya cepat.

Investasi penting bagi kalangan muda, agar memiliki lebih dari satu sumber pendapatan. Sebab, semakin hari kebutuhan semakin banyak dan Anda juga harus lebih kreatif dalam mencari penghasilan agar bisa mencapai kebebasan finansial (financial freedom) saat masih muda. Maka dari itu, salah satu caranya dengan berinvestasi.

Apabila masih muda dan pemula dalam bidang investasi, Anda dapat memulai melakukan investasi leher ke atas terlebih dahulu. Ini cocok bagi pemula yang belum memiliki alokasi dana khusus untuk berinvestasi. Investasi ini juga cocok untuk para milenial atau Generasi Z yang haus akan ilmu dan pengalaman.

Penjelasan Singkat Tentang Investasi Leher ke Atas

Secara makna dan terminologi, investasi leher ke atas adalah sebuah istilah yang menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan melalui organ tubuh manusia dengan mengandalkan sistem kerja otak. Bisa dikatakan bahwa investasi leher ke atas adalah investasi dari segi ilmu, pengetahuan, skill, serta hal-hal lain untuk meningkatkan kualitas diri.

Pada umumnya, bentuk dari investasi leher ke atas ini sudah dilakukan hampir semua orang ketika melalui jenjang pendidikan formal. Namun, tidak sedikit pula yang memilih untuk melakukannya setelah menyelesaikan pendidikan formal.

Melalui kegiatan investasi leher ke atas, Anda dapat meningkatkan skill terhadap segala bidang di dalam kehidupan. Bahkan dengan melakukan investasi ini, Anda akan bisa bersikap penuh pertimbangan dalam memahami risiko yang diambil, terkait strategi untuk memperoleh keuntungan dan lain-lain.

Pilihan Investasi Leher ke Atas Demi Masa Depan Lebih Baik

Berikut jenis investasi leher ke atas yang bisa menjadi preferensi untuk dipelajari demi masa depan yang lebih baik yang dilansir dari Majoo.id:

1. Investasi Bidang Spiritual

Investasi spritual bertujuan untuk meningkatkan hubungan pribadi dengan Tuhan sesuai keyakinan yang dimiliki. Tujuannya agar hati dan pikiran mendapatkan kedamaian.

2. Investasi Kemampuan

Salah satu hal yang harus diasah adalah kemampuan atau keterampilan. Oleh karenanya keterampilan dapat menjadi investasi. Adapun tujuannya untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di diri sendiri supaya maksimal dan bermanfaat.

3. Investasi Bidang Sosial

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...