Penjelasan Mengenai Investasi, Beserta Jenis dan Contohnya

Image title
11 Januari 2022, 10:57
Ilustrasi investasi emas yang bisa dilakukan secara mudah di website
PT SMA
Ilustrasi investasi emas yang bisa dilakukan secara mudah di website

Di era digital saat ini, minat masyarakat Indonesia terhadap investasi mengalami peningkatan. Ini ditunjukkan dengan berkembangnya sejumlah investor baru di pasar saham dan juga reksadana. Serta tumbuhnya kesadaran untuk melek terhadap ilmu investasi.

Kendati demikian banyak yang masih belum memahami apa itu investasi dan bagaimana tata caranya? Istilah investasi sering digunakan untuk penyebutan jenis penanaman modal besar, nyatanya investasi adalah aktivitas yang dapat ditemukan sehari-hari dalam skala kecil. Misalnya, menabung atau membeli produk dengan manfaat jangka panjang.

Menurut beberapa pakar ekonomi, aktivitas investasi sangat disarankan untuk mengelola sumber daya terbatas karena berfokus pada pengembangan nilai aset, bukan sekadar pengendapan. Anda tertarik untuk melakukan investasi? Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan, simak penjelasan apa itu investasi hingga contoh dan jenis-jenisnya dalam artikel disini!

Penjelasan Singkat Mengenai Investasi

Mengutip situs informasi keuangan Prospeku.com, investasi adalah aktivitas penanaman modal untuk dapat ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Singkatnya, melalui investasi, seseorang berharap nilai dari suatu aset akan meningkat seiring waktu.

Adapun aset-aset investasi bisa berupa tenaga, waktu, emas, saham, reksadana dan sebagainya. Definisi apa itu investasi juga disebutkan dalam KBBI sebagai penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Keuntungan Investasi

Tujuan dari investasi adalah menghasilkan pendapatan. Perlu dipahami bahwa keuntungan yang didapatkan dari investasi dapat berupa bunga, deviden, royalti atau uang sewa. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari investasi, di antaranya:

1. Jaminan Ketersediaan Bahan Baku

Manfaat pertama dari investasi adalah sebagai jaminan pada usaha produksi bahan baku yang berkaitan dengan bisnisnya. Dengan demikian, instansi tersebut dapat memastikan ketersediaan bahan baku yang diperlukan untuk operasional perusahaan utama.

2. Memenuhi Ketersediaan Kebutuhan di Masa Depan

Keuntungan berikutnya adalah demi persiapan kebutuhan tidak terduga di masa mendatang. Nilai aset yang cenderung naik akan menjadi sarana mencari keuntungan yang dapat sewaktu-waktu dicairkan atau ditukarkan dengan sumber daya lain ketika dibutuhkan.

3. Belajar Hidup Berhemat

Rutin melakukan investasi, akan memunculkan semangat dalam diri agar bisa menabung untuk masa depan. Dengan demikian, investor dapat lebih terlatih untuk mengalokasikan pendapatannya pada aset jangka panjang ketimbang jatuh pada tindakan konsumtif dan impulsif. Hal ini mendorong gaya hidup hemat dan bebas utang.

4. Menjadi Pengendali dari Suatu Perusahaan

Adapun manfaat paling besar dari berinvestasi adalah nilai yang dapat berupa penanaman modal di suatu perusahaan. Adanya kepemilikan sebagian ekuitas menjadikan kehendak investor diperhitungkan dalam pengambilan keputusan pada perusahaan tersebut. Pada beberapa kondisi, seseorang berinvestasi untuk menjaga atau menciptakan hubungan baik antar perusahaan.

Aneka Jenis Investasi

Dalam berinvestasi, seseorang haru memhami tujuan yang mana akan membedakan jenisnya menjadi investasi jangka panjang, menengah, dan investasi jangka pendek. Beda jangka waktu tentu juga beda strategi dan instrumen investasinya.

1. Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi pertama adalah jangka pendek yang berlangsung antara kurang dari satu tahun hingga tiga tahun saja.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...