Ekuitas Adalah Bagian Hak Pemilik dalam Perusahaan, Ini Penjelasannya

Image title
5 April 2022, 11:20
Ilustrasi, akuntan publik. Dalam laporan keuangan, dikenal satu akun yang disebut ekuitas. Ekuitas adalah bagian hak pemilik dalam perusahaan, yaitu selisih antara aset dan kewajiban yang ada.
Pexels/RODNAE Productions
Ilustrasi, akuntan publik. Dalam laporan keuangan, dikenal satu akun yang disebut ekuitas. Ekuitas adalah bagian hak pemilik dalam perusahaan, yaitu selisih antara aset dan kewajiban yang ada.

Apabila mempelajari dunia ekonomi atau lebih spesifiknya bisnis, ada salah satu istilah yang teramat sering menjadi pembahasan. Istilah tersebut adalah ekuitas. Hal ini sering terjadi terutama dalam masalah hak dan kepemilikan. Berikut penjelasan mengenai ekuitas yang dilansir dari Tokopedia.com.

Definsi Ekuitas

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi ekuitas adalah kepemilikan dalam bentuk nilai uang. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan ekuitas sebagai bentuk perbedaan antara nilai suatu harta yang dapat dijual dari tagihan (equity).

Di sisi lain, ekuitas adalah hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan, mewakili jumlah uang yang akan dikembalikan kepada pemegang saham perusahaan jika semua aset dilikuidasi dan semua hutang perusahaan dilunasi. Selain itu, ekuitas pemegang saham dapat mewakili nilai buku suatu perusahaan.

Secara sederhana, ekuitas diartikan sebagai hak pemilik terhadap aset perusahaan setelah dikurangi liabilitas (kewajiban) dalam neraca. Ekuitas juga diartikan sebagai modal atau kekayaan entitas bisnis, yang dihitung dengan jumlah aset dikurangi dengan liabilitas.

Apabila merunut pada standar ilmu akuntansi keuangan (PSAK No. 21), ekuitas adalah bagian hak pemilik dalam perusahaan, yaitu selisih antara aset dan kewajiban yang ada. Dengan demikian, ekuitas ini bukan merupakan ukuran nilai jual suatu perusahaan.

Pada dasarnya ekuitas berasal dari investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan. Ekuitas ini dapat berkurang, terutama jika ada penarikan kembali penyertaan modal oleh pemilik, pembagian keuntungan atau karena kerugian. Ekuitas terdiri atas setoran pemilik yang sering kali disebut modal atau simpanan pokok anggota untuk badan hukum koperasi, saldo laba, dan unsur lain.

Penjelasan Ekuitas dari Para Ahli

Ada sejumlah definisi mengenai ekuitas yang dilansir dari pendapat para ahli, antara lain:

1. Bachtiar dan Nurfadila

Menurut Bachtiar dan Nurfadila, ekuitas merupakan modal perusahaan yang hak residu atas asset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. Dengan kata lain, ekuitas adalah salah satu sumber dana perusahaan yang berasal dari pemegang saham atau pemilik perusahaan dan laba usaha yang diperoleh perusahaan.

2. Freddy Samuel Kawatu

Menurut Freddy Samuel Kawatu, ekuitas adalah salah satu pos utama dalam neraca pemerintah daerah, selain aset dan kewajiban.

Mengenal Tujuan Ekuitas

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (2007), tujuan ekuitas adalah menunjukkan bagian hak pemilik dalam perusahaan yang harus dilaporkan. Pelaporan ekuitas ini kemudian dapat memberikan informasi mengenai sumbernya secara jelas, sesuai dengan peraturan perundangan dan akta pendirian yang berlaku.

Nilai ekuitas tergolong penting bagi perusahaan, karena mencerminkan nilai buku perusahaan tersebut. Nilai ini merupakan salah satu faktor yang menentukan harga saham perusahaan tersebut.

Namun demikian, tidak jarang ditemukan perusahaan memiliki harga saham yang lebih tinggi dari nilai ekuitas per saham. Harga saham yang lebih tinggi ini mengindikasikan bahwa para investor meyakini bahwa perusahaan tersebut memiliki prospek baik di masa yang akan datang.

Saat menjalankan bisnis, seorang pengusaha wajib memahami dasar-dasar ekuitas perusahaan. Hal ini dilakukan agar seorang pengusaha dapat mengetahui seberapa besar nilai saham dan aset tanpa hutang dan kewajiban. Keseluruhan unsur ini akan menunjukkan apakah suatu perusahaan dapat dikatakan sehat atau tidak.

Jenis-jenis Ekuitas

Ekuitas pada bisnis dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekuitas pemegang saham dan ekuitas pemilik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...