Ekonomi Syariah Adalah Sistem Sesuai Syariat Islam, Ini Penjelasannya

Image title
28 Maret 2022, 10:02
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang didasarkan atas syariah Islam.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang didasarkan atas syariah Islam.

Kebutuhan manusia dapat dijelaskan ilmu ekonomi. Karena, ilmu tersebut mengajarkan tentang bagaimana usaha manusia memenuhi kebutuhan yang relatif terbatas. dan bagaimana dapat memenuhi keinginannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Ekonomi mengajarkan bagaimana manusia memilih dan menentukan barang-barang yang akan dibeli dengan pendapatan yang dimiliki.

Salah satu cabang dalam ilmu ekonomi adalah ekonomi syariah. Apabila dirunut secara terminologi, syariah adalah peraturan-peraturan dan hukum yang telah digariskan oleh Allah SWT atau digariskan pokok-pokoknya dan dibebankan kepada kaum muslimin supaya mematuhinya. Ini agar syariah ini diambil oleh orang Islam sebagai penghubung dengan Allah SWT dan sesama manusia.

Berbeda dengan ekonomi konvensional, ekonomi syariah melarang adanya riba, menentang eksploitasi masyarakat berekonomi rendah oleh pemilik modal, serta melarang penumpukan atau penimbunan kekayaan. Ini semua mengacu pada larangan yang ada dalam agama Islam.

Pengertian Ekonomi Syariah

Sebagaimana dilansir dari buku Ekonomi Syariah Untuk Sekolah Menengah Atas Kelas X yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) bahwa ekonomi syariah adalah cabang pengetahuan yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan manusia melalui alokasi dan distribusi sumber daya yang langka sesuai dengan ajaran Islam tanpa terlalu membatasi kebebasan individu, mewujudkan keseimbangan makroekonomi dan ekologi yang berkelanjutan.

Pakar ekonomi Syariah Umer Chapara mendefinisikan, ekonomi syariah adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang berupaya untuk memandang, menganalisis, dan akhirnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan cara-cara sesuai dengan prinsip syariat Islam. Pengertian syariat sendiri adalah, ajaran tentang hukum agama yang menetapkan peraturan hidup manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan manusia dan alam sekitar yang berdasar dari Alquran dan hadis.

Prinsip Dasar Ekonomi Syariah

Secara prinsip dasar ekonomi syariah adalah harta benda, aset bergerak dan tidak, serta seluruh sumber daya yang memiliki nilai ekonomi dipandang sebagai karunia dan titipan Allah SWT
1. Ekonomi syariah berjalan dengan penggerak utama yaitu kerja sama antar umat Islam.
2. Mengakui kepemilikan masyarakat dengan pemanfaatannya bagi kepentingan bersama.
3. Menghindari riba dengan berbagai bentuk pelaksanaannya.
4. Menolak praktek menumpuk-numpuk harta dan penguasaan kekayaan oleh beberapa orang atau kelompok saja.
5. Ekonomi syariah mewajibkan membayar zakat untuk harta yang telah mencapai nisab atau memenuhi batas.

Karakteristik Ekonomi Syariah

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...