8 Manfaat Buka Puasa dengan yang Manis untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
8 April 2022, 17:19
Ilustrasi, menu buka puasa. Anjuran buka puasa dengan yang manis penting dilakukan untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama menjalankan ibadah puasa.
pixabay.com
Ilustrasi, menu buka puasa. Anjuran buka puasa dengan yang manis penting dilakukan untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama menjalankan ibadah puasa.

Kalimat "buka puasa dengan yang manis" tentu sudah tidak asing di telinga kita. Pasalnya, anjuran ini didengungkan karena dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat, usai menjalankan ibadah puasa.

Hal ini dikarenakan selama puasa, tubuh tidak mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung kalori. Di Indonesia, umat muslim melakukan puasa dari imsak hingga azan magrib.

Perbedaan letak geografis mempengaruhi lamanya waktu pagi sampai petang. Mengutip www.indonesiabaik.id, di Indonesia panjang waktu puasa sekitar 13,23 jam.

Selama puasa, umat muslim dilarang untuk konsumsi makanan dan minuman. Ketika puasa, orang-orang biasanya konsumsi kalori sekitar 20-25% sesuai kebutuhan.

Nah, selama  berpuasa, gula darah dalam tubuh akan terus menurun sepanjang hari. Efeknya, beberapa orang mengalami lemas, kehilangan energi, dan mengantuk. Oleh karena itu, ketika berbuka puasa, sebagian besar orang memilih minuman dan makanan yang manis.

Kenapa Hidangan Buka Puasa Harus Manis?

Mengutip dari www.hellosehat.com, buka puasa dengan makanan yang manis membantu meningkatkan kadar gula darah. Contohnya konsumsi buah-buahan secara langsung dapat mengembalikan energi dalam tubuh.

Ketika berbuka puasa, makanan manis alami bisa dikonsumsi dari buah kurma, buah segar, buah kering, buah beku, dan es buah tanpa pemanis tambahan. Makanan tersebut dapat menggantikan vitamin dan nutrisi penting setelah berpuasa seharian.

Tetapi minuman dan makanan olahan dapat meningkatkan kadar gula darah tinggi. Contohnya, es teh dan pisang goreng coklat mengandung kadar gula tinggi. Biasanya minuman manis tidak memberi efek mengenyangkan, sehingga dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Buka Puasa dengan Makanan yang Manis

  1. Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah yang turun
  2. Makanan manis mengandung gula darah termasuk sumber energi utama dalam tubuh
  3. Buka puasa dengan yang manis mengandung gizi dan nutrisi penting untuk tubuh
  4. Makanan dan minuman manis mengurangi lemas dan ngantuk ketika berpuasa
  5. Konsumsi buah-buahan dapat mengontrol kadar gula darah dibanding makanan dan minuman olahan.
  6. Makanan dan minuman manis mengandung kalori yang cepat diserap tubuh
  7. Meningkatkan energi dan stamina selama puasa
  8. Metabolisme tubuh kembali normal setelah konsumsi makanan dan minuman manis

Menu Buka Puasa Manis

1. Kurma

Kurma mengandung gula, karbohidrat, dan serat yang baik untuk tubuh. Makan 3 butir kurma setara dengan 69 kalori untuk kebutuhan energi. Kandungan dalam kurma juga baik untuk saluran pencernaan.

2. Salad Buah dan Sayur

Salad buah dan sayur cocok untuk menu buka puasa. Makanan ini mengandung serat yang baik untuk proses pencernaan. Buah dan sayur juga membantu mengisi perut sehingga memberi kenyang lebih lama.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...