Referensi 12 Model Rambut Pria Pendek

Model rambut pria pendek ada beragam variasinya, mulai dari french crop, buzz cut, side bangs, undercut, sampai slicked back. Rambut pendek cenderung mudah ditata dan cocok dalam segala situasi.
Image title
18 April 2022, 15:11
model rambut pria pendek
kpopstuff.com
Ilustrasi, Comma hair, salah satu contoh model rambut pria pendek.

Model rambut pria pendek sering menjadi pilihan utama sebagian besar pria dalam menentukan potongan rambut. Pasalnya, rambut pendek cenderung mudah ditata, cocok dalam segala situasi, dan bisa menonjolkan sisi maskulin pria.

Selain itu, meneruskan catatan Halodoc, rambut pendek atau cepak menjadi salah satu ciri pria awet muda. Hal ini dibenarkan oleh pakar rambut Jon Reyman yang mengatakan bahwa mempertahankan awet muda pada pria bisa dilakukan dengan memotong rambut di atas garis leher.  Agar tampak lebih maskulin, tipiskan bagian atasnya.

Model Rambut Pria Pendek

Model rambut yang cocok dengan cuaca di Indonesia ini sebenarnya sangat beragam. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bentuk wajah dengan keseharian Anda. Dihimpun dari Katadata, berikut rekomendasi model rambut pria pendek:

1. High and Tight Cut

High and tight fade.
High and tight fade. (menshairstylesnow.com)

 

Ciri model potongan rambut ini yaitu pada bagian belakang dan samping sangat rapi bahkan nyari habis dipotong, sedangkan pada bagian atas dipotong lebih tebal namun tetap rapi. Sekilas gaya rambut ini mirip dengan fade cut. Model rambut high and tight cut ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut keriting.

2. Comma Hair

Comma hair, model rambut pria Korea.
Comma hair, model rambut pria Korea. (kpopstuff.com)

 

Ciri rambut ini memiliki bentuk melengkung mirip tanda koma. Gaya rambut ini cukup populer dan termasuk baru dalam tren rambut Korea Selatan. Model rambut ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut tebal. Perawatannya cukup mudah, Anda bisa menyisir bagian depan dengan menggunakan pomade untuk menjaga kerapian rambut.

3. French Crop

French crop, salah satu model rambut pria Korea.
French crop. (koreaboo.com)

 

Ciri khas dari model rambut pria tipe french crop adalah potongan bagian samping dan bawahnya sangat pendek. Sedangkan bagian atasnya tebal. Selain itu, biasanya terdapat poni yang dicukur 1,5 cm. Jika dilihat sekilas, tampilan dari french crop dan caesar cut akan terlihat mirip.

Namun, kedua model cukuran ini ternyata berbeda. Untuk caesar cut, bisanya punya potongan seperti mangkuk dan bagian bawahnya plontos. Model rambut pendek pria yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin tampil beda.

4. Fringe

Jika Anda memiliki bentuk wajah mirip idol K-pop, maka model rambut pendek pria seperti fringe ini adalah pilihan terbaiknya. Gaya rambut fringe memiliki sedikit poni di bagian depan. Selain itu, model rambut pria yang satu ini sangat cocok untuk tipe rambut lurus, bergelombang, maupun ikal.

5. Buzz Cut

Gaya rambut cepak ternyata memiliki istilah kerennya sendiri, yaitu buzz cut. Model rambut pendek pria ini mirip dengan crew cut dan terinspirasi dari gaya rambut militer.

6. Caesar Fade

Caesar fade.
Caesar fade. (menshairstylesnow.com)

 

Di Amerika Serikat, potongan rambut model caesar cut sangat diminati. Sebab, hanya menyisakan sekitar 5 cm rambut saja. Selain itu, caesar cut juga punya beberapa varian misalnya caesar fade. Caesar fade merupakan cukuran model rambut pria yang membentuk bagian atas dan samping sangat tipis, sehingga batas antara rambut bisa terlihat jelas.

7. Pompadour

Model rambut pendek ini merupakan potongan rambut yang rapi dengan sedikit volume bagian atas. Gaya rambut ini memberikan kesan kasual dan profesional. Cocok untuk dijadikan style saat menghadiri acara formal atau pesta.

8. Side Bangs

Rambut model side bangs akan memberikan kesan penampilan lebih tampan. Model rambut ini mirip dengan tirai tergerai. Tampilan side bangs juga identik dengan poni. Anda bisa menata poni dengan hairdryer dan pomade.

Tak hanya model poni, Anda juga berkreasi dengan memberikan warna sesuai dengan karakter. Untuk menambahkan tekstur dan dimensi, Anda bisa sedikit mencatok rambut secara acak.

9. Undercut

Model rambut ini merupakan teknik memotong rambut yang akan memberikan dimensi tipis di samping kepala. Ciri khas model rambut undercut yaitu pada bagian bawah dicukur sangat pendek sedangkan bagian atasnya tebal.

Undercut memiliki variasi antara lain fade bald dan low fade. Dimensi tebal tipis yang ditunjukan oleh model rambut ini juga cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal.

10. Ivy League

Ivy League, model rambut pria pendek.
Ivy League, model rambut pria pendek. (haircutinspiration.com)

 

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya ivy league cut yang merupakan versi stylish dari crew cut.  Ciri dari model rambut yang satu ini yaitu terdapat belahan rambut sehingga memberikan dimensi pada wajah.

Ivy league cut sangat cocok untuk Anda yang memiliki rahang tegas. Model rambut ini juga sangat cocok bila dipadukan dengan gaya slick back untuk acara formal.

11. Tapper Cut

Meskipun terdengar asing, namun model rambut pendek pria yang satu ini cukup sering diaplikasikan oleh para kaum Adam. Tapper cut adalah teknik mencukur rambut sampai memeroleh potongan rata atau tercipta efek garis yang terlihat.

Tidak seperti model clipper cut yang cenderung rapi, taper cut terlihat lebih alami dan tidak kaku.

12. Slicked Back

Model rambut slicked back menunjukan kesan elegan pada pria yang mengaplikasikannya. Model rambut ini bisa didapat dengan memanjangkan sedikit rambut, kemudian menyisirnya ke belakang.

Felix Stray Kids adalah satu satu selebriti Korea yang kerap tampil dengan model rambut slicked back.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait