27 Model Rambut Pendek Pria dan Cara Merawatnya

Siti Nur Aeni
25 Oktober 2021, 14:34
Ilustrasi model rambut pendek pria
pixabay.com
Ilustrasi model rambut pendek pria

Rambut pendek dan rapi mungkin identik dengan tentara atau polisi. Namun model rambut pendek pria sebenarnya cocok untuk siapa saja. Model rambut pendek akan memberikan kesan rapi, simpel, adem, dan disiplin. Rambut model ini juga sangat cocok untuk cuaca di Indonesia yang relatif panas.

Model Rambut Pendek Pria

Model rambut pendek untuk pria sebenarnya sangat beragam. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bentuk wajah dan style keseharian. Mengutip dari allthingshair.com, berikut beberapa model rambut pria pendek.

1. Undercut

Model rambut ini merupakan teknik memotong rambut yang akan memberikan dimensi tipis di samping kepala. Ciri khas model rambut undercut yaitu pada bagian bawah dicukur sangat pendek sedangkan bagian atasnya tebal.

Undercut memiliki variasi antara lain fade bald dan low fade. Dimensi tebal tipis yang ditunjukan oleh model rambut ini juga cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal.

2. Burr cut

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya yaitu burr cut. Gaya rambut ini juga dikenal dengan sebutan jarhead. Ciri umum gaya rambut ini yaitu memiliki panjang rambut yang seragam dengan tektur rambut empuk seperti karpet.

3. Buzz cut

Model rambut buzz cut ini merupakan teknik mencukur rambut dengan menghabiskan seluruh bagian rambut dan menyisakan satu sampai dua sentimeter saja. Semakin pendek bagian atasnya maka semakin mudah penataannya.

Model rambut seperti ini sangat mudah merawatnya. Namun saat Anda keluar rumah siang hari, panas sinar matahari akan terasa menyengat pada kulit kepala.

Buzz cut merupakan model rambut pria pendek yang jadul, namun Anda bisa mengkombinasikan dengan gaya fade undercut sehingga lebih fresh. Perlu diketahui bahwa gaya rambut ini cocok untuk rambut lurus, akan tetapi model rambut ini juga tetap bagus untuk rambut keriting.

4. Rambut cepak tentara

Gaya rambut pendek yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita. Model rambut cepak terntara memberikan kesan disiplin, rapi, minimalis, namun tetap keren. Gaya rambut ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet dalam merawat rambut.

5. Mohawk

Model rambut pria selanjutnya yang populer yaitu mohawk. Model rambut ini memiliki ciri yang mudah dikenali. Rambut mohawk memiliki bagian samping ripis atau bahkan dicukur habis namun di bagian atas sengaja dibuat tebal.

6. Ivy league cut

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya ivy league cut yang merupakan versi stylish dari crew cut.  Ciri dari model rambut yang satu ini yaitu terdapat belahan rambut sehingga memberikan dimensi pada wajah.

Ivy league cut sangat cocok untuk Anda yang memiliki rahang tegas. Model rambut ini juga sangat cocok bila dipadukan dengan gaya slick back untuk acara formal.

7. Crew cut

Model rambut pendek pria ini terdapat dua jenis yaitu versi Eropa dan Amerika. Untuk model versi Eropa dicirikan dengan panjang rambut diseluruh bagain kepala tidak lebih dari 1,5 sentimeter. Untuk gaya Amerika akan membuat rambut lebih tipis dibagian belakang dan samping. Sedangkan bagian lain dibiarkan memanjang hingga kurang lebih 2 sentimeter.

8. High and tight cut

Ciri model potongan rambut ini yaitu pada bagian belakang dan samping sangat rapi bahkan nyari habis dipotong, sedangkan pada bagian atas dipotong lebih tebal namun tetap rapi. Sekilas gaya rambut ini mirip dengan fade cut. Model rambut high and tight cut ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut keriting.

9. French crop

Model rambut ini memiliki bentuk tatanan yang lebih panjang dibagian atas dan berponi. Gaya rambut ini cukup mudah ditata. Model rambut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki rambut cepat namun berbeda dengan potongan tentara.

10. Crop cut

Potongan rambut model ini seperti potongan mangkuk dengan bagian samping dan bawah dipangkas namun disisakan rambut bagian atasnya. Model ini dapat dikatakan unik dan cocok untuk Anda yang senang tampil berbeda. Anda bisa menata gaya rambut ini dengan sisir kemudian menggunakan wax untuk menjaga bentuknya.

Model Rambut Pendek Pria Korea

Model rambut pendek juga sering kita jumpai di tayangan drama korea. Banyak aktor yang tampil dengan gaya rambut cepak dan rapi. Ingin tahu apa saja model rambut pria Korea pendek rapi? Berikut penjelasannya.

1. Choppy undercut

Model rambut khas pria Korea yaitu choppy undercut. Model rambut ini merupakan porongan short undercut rapi. Pada bagian samping dicukur pendek. Potongan rambut ini akan membuat penampilan lebih segar dan maskulin.

2. Messy hair

Gaya rambut messy atau rambut berantakan juga sering muncul di karakter aktor dalam drama korea. Rambut model ini memberikan kesan santai dan tidak kaku. Untuk mendapatkan model rambut pendek pria Korea ini, Anda bisa menggunakan catokan berdiameter kecil untuk membuat rambut nampak berantakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...