27 Model Rambut Pendek Pria dan Cara Merawatnya

Model rambut pendek pria memberikan kesan rapi, disiplin, sederhana, namun tetap kekinian. Ada beberapa model rambut pendek yang bisa dipilih sesuai dengan karakter dan kondisi rambut Anda.
Image title
25 Oktober 2021, 14:34
Ilustrasi model rambut pendek pria
pixabay.com
Ilustrasi model rambut pendek pria

Rambut pendek dan rapi mungkin identik dengan tentara atau polisi. Namun model rambut pendek pria sebenarnya cocok untuk siapa saja. Model rambut pendek akan memberikan kesan rapi, simpel, adem, dan disiplin. Rambut model ini juga sangat cocok untuk cuaca di Indonesia yang relatif panas.

Model Rambut Pendek Pria

Model rambut pendek untuk pria sebenarnya sangat beragam. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bentuk wajah dan style keseharian. Mengutip dari allthingshair.com, berikut beberapa model rambut pria pendek.

1. Undercut

Model rambut ini merupakan teknik memotong rambut yang akan memberikan dimensi tipis di samping kepala. Ciri khas model rambut undercut yaitu pada bagian bawah dicukur sangat pendek sedangkan bagian atasnya tebal.

Undercut memiliki variasi antara lain fade bald dan low fade. Dimensi tebal tipis yang ditunjukan oleh model rambut ini juga cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal.

2. Burr cut

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya yaitu burr cut. Gaya rambut ini juga dikenal dengan sebutan jarhead. Ciri umum gaya rambut ini yaitu memiliki panjang rambut yang seragam dengan tektur rambut empuk seperti karpet.

3. Buzz cut

Model rambut buzz cut ini merupakan teknik mencukur rambut dengan menghabiskan seluruh bagian rambut dan menyisakan satu sampai dua sentimeter saja. Semakin pendek bagian atasnya maka semakin mudah penataannya.

Model rambut seperti ini sangat mudah merawatnya. Namun saat Anda keluar rumah siang hari, panas sinar matahari akan terasa menyengat pada kulit kepala.

Buzz cut merupakan model rambut pria pendek yang jadul, namun Anda bisa mengkombinasikan dengan gaya fade undercut sehingga lebih fresh. Perlu diketahui bahwa gaya rambut ini cocok untuk rambut lurus, akan tetapi model rambut ini juga tetap bagus untuk rambut keriting.

4. Rambut cepak tentara

Gaya rambut pendek yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita. Model rambut cepak terntara memberikan kesan disiplin, rapi, minimalis, namun tetap keren. Gaya rambut ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet dalam merawat rambut.

5. Mohawk

Model rambut pria selanjutnya yang populer yaitu mohawk. Model rambut ini memiliki ciri yang mudah dikenali. Rambut mohawk memiliki bagian samping ripis atau bahkan dicukur habis namun di bagian atas sengaja dibuat tebal.

6. Ivy league cut

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya ivy league cut yang merupakan versi stylish dari crew cut.  Ciri dari model rambut yang satu ini yaitu terdapat belahan rambut sehingga memberikan dimensi pada wajah.

Ivy league cut sangat cocok untuk Anda yang memiliki rahang tegas. Model rambut ini juga sangat cocok bila dipadukan dengan gaya slick back untuk acara formal.

7. Crew cut

Model rambut pendek pria ini terdapat dua jenis yaitu versi Eropa dan Amerika. Untuk model versi Eropa dicirikan dengan panjang rambut diseluruh bagain kepala tidak lebih dari 1,5 sentimeter. Untuk gaya Amerika akan membuat rambut lebih tipis dibagian belakang dan samping. Sedangkan bagian lain dibiarkan memanjang hingga kurang lebih 2 sentimeter.

8. High and tight cut

Ciri model potongan rambut ini yaitu pada bagian belakang dan samping sangat rapi bahkan nyari habis dipotong, sedangkan pada bagian atas dipotong lebih tebal namun tetap rapi. Sekilas gaya rambut ini mirip dengan fade cut. Model rambut high and tight cut ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut keriting.

9. French crop

Model rambut ini memiliki bentuk tatanan yang lebih panjang dibagian atas dan berponi. Gaya rambut ini cukup mudah ditata. Model rambut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki rambut cepat namun berbeda dengan potongan tentara.

10. Crop cut

Potongan rambut model ini seperti potongan mangkuk dengan bagian samping dan bawah dipangkas namun disisakan rambut bagian atasnya. Model ini dapat dikatakan unik dan cocok untuk Anda yang senang tampil berbeda. Anda bisa menata gaya rambut ini dengan sisir kemudian menggunakan wax untuk menjaga bentuknya.

Model Rambut Pendek Pria Korea

Model rambut pendek juga sering kita jumpai di tayangan drama korea. Banyak aktor yang tampil dengan gaya rambut cepak dan rapi. Ingin tahu apa saja model rambut pria Korea pendek rapi? Berikut penjelasannya.

1. Choppy undercut

Model rambut khas pria Korea yaitu choppy undercut. Model rambut ini merupakan porongan short undercut rapi. Pada bagian samping dicukur pendek. Potongan rambut ini akan membuat penampilan lebih segar dan maskulin.

2. Messy hair

Gaya rambut messy atau rambut berantakan juga sering muncul di karakter aktor dalam drama korea. Rambut model ini memberikan kesan santai dan tidak kaku. Untuk mendapatkan model rambut pendek pria Korea ini, Anda bisa menggunakan catokan berdiameter kecil untuk membuat rambut nampak berantakan.

3. Two block haircut

Model rambut Korea selanjutnya yaitu juga menjadi style favorit banyak orang yaitu two block haircut. Gaya rambut ini nampak rapi, dengan bagaian samping lebih tipis. Model rambut ini sangat cocok untuk Anda yang aktif dan banyak aktivitas di luar ruangan.

4. Middle parted hair

Gaya rambut ini tergolong klasik dan cocok untuk segala bentuk wajah. Model rambut ini sangat cocok untuk Anda yang senang tampil dengan poni panjang. Agar tampilan poni tidak membosankan, Anda bisa memberikan sentuhan wavy pada model rambut tersebut.

5. Soft layer

Model rambut pria korea pendek rapi selanjutnya yaitu gaya soft layer. Gaya rambut ini memberikan kesan tebal di rambut bagian atas namun tipis pada bagian bawah. Model rambut ini akan membuat wajah nampak lebih jelas.

6. Side bangs

Rambut model side bangs akan memberikan kesan penampilan lebih tampan. Model rambut ini mirip dengan tirai tergerai. Tampilan side bangs juga identik dengan poni. Anda bisa menata poni dengan hairdryer dan pomade.

Tak hanya model poni, Anda juga berkreasi dengan memberikan warna sesuai dengan karakter. Untuk menambahkan tekstur dan dimensi, Anda bisa sedikit mencatok rambut secara acak.

7. Preppy cut

Model rambut pendek pria ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut tipis. Rambut model ini akan menyisakan poni dengan bentuk ke atas. Pemberian poni tersebut bertujuan untuk memberikan volume rambut. Dengan demikian, rambut akan terlihat tebal.

8. Comma hair

Ciri rambut ini memiliki bentuk melengkung mirip tanda koma. Gaya rambut ini cukup populer dan termasuk terbaru diantara model rambut Korea lainnya. Model rambut ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut tebal. Perawatannya cukup mudah, Anda bisa menyisir bagian depan dengan menggunakan pomade untuk menjaga kerapian rambut.

9. Mullet

Ciri khas rambut ini yaitu pada bagian depan pendek atau mendium sedangkan bagian samping tipis dengan ekor panjang di belakang. Biasanya model rambut ini banyak dipakai idol K-pop sehingga wajar jika mullet cukup populer dikalangan pecinta K-pop.

10. Medium bowl cut

Gaya rambut ini cocok untuk Anda yang memiliki kening lebar. Poni gaya bowl cut bisa menyembunyikan kening lebar. Gaya rambut ini nampak rapi dan sederhana.

11. The shadow perm

Model rambut pendek pria ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut ikal. The shadow perm akan membuat rambut lebih bervolume. Namun jika Anda memiliki model rambut ini, maka harus sering merapikan bagian samping agar tidak menutupi telinga.

12. Curtain hair

Ciri model rambut ini yaitu adanya poni panjang dan terbelah dua. Gaya rambut ini akan memberikan kesan keren dan hangat. Model rambut ini cocok untuk Anda yang memiliki rambut bertekstur atau bergelombang.

13. Slick back

Model rambut ini memberikan keran maskulin. Ciri dari gaya rambut ini yaitu pada bagian samping dicukur habis namun bagian atas cukup tebal. Biasanya rambut akan disisir ke belakang dengan menggunakan pomade.

14. Pompadour

Model rambut pendek ini merupakan potongan rambut yang rapi dengan sedikit volume bagian atas. Gaya rambut ini memberikan kesan casual dan profesional. Cocok untuk dijadikan style saat menghadiri acara formal atau pesta.

15. Semi long quiff hair

Rambut model ini memiliki biasa akan disisir ke arah samping sehingga memberikan kesan bervolume. Bagian bawah rambut pendek dengan poni sedikit panjang. Gaya rambut ini memberikan kesan keren pada pria.

16. 4/6 parted (wavy)

Gaya rambut ini cukup populer karena banyak aktor drama korea yang memiliki gaya rambut seperti ini. Model ini membagi rambut menjadi 4:6 dan biasanya dikombinasikan dengan poni wavy. Anda juga bisa mengkombinasikan gaya ini dengan perm atau poni koma, sehingga penampilan tidak membosankan.

17. Layered bowl cut

Model rambut ini berbentuk mangkuk namun tersusun atas beberapa layer sehingga nampak lebih trendy dan bertekstur. Sehingga ketika menggunakan model rambut ini, Anda akan nempak lebih keren dan kekinian.

Cara Merawat Model Rambut Pendek Pria

Model rambut pendek mungkin banyak dipilih dengan alasan perawatan yang lebih mudah. Untuk menjaga rambut tetap sehat, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan keramas rambut setiap hari. keramas terlalu sering akan membuat kulit menjadi terlalu kering dan rambut mudah terasa gatal.
  2. Mengeringkan rambut dengan lembut untuk menghindari kerusakan pada rambut.
  3. Menggunakan conditioner yang mengandung protein dan mineral agar rambut tetap ternutrisi.
  4. Potong rambut secara rutin. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah rambut bercabang.
  5. Kurangi penggunakan porduk untuk rambut seperti gel, pomade, pewarna, dan sejenisnya.
  6. Mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait