5 Cara Mengubah Word ke PDF dengan Mudah

Image title
18 April 2022, 17:48
cara mengubah word ke pdf
pixabay.com
Ilustrasi, bekerja menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang paling populer saat ini. Perangkat lunak ini memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengedit, dan mengolah dokumen tertulis dengan format file doc (word).

Meski file yang disimpan akan memiliki ekstensi doc, ternyata masih banyak pengguna Microsoft yang mengkonversi file tersebut dalam bentuk PDF (portable document format).

Cara mengubah word ke PDF sangat mudah dilakukan. Anda bisa menyimpan file tersebut di Microsoft Word secara langsung, atau menggunakan situs konversi file online.

Selain metode tersebut, masih ada lagi cara mengubah word ke PDF. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu PDF?

PDF merupakan jenis berkas digital yang dibuat oleh Adobe System. Bentuk file ini awalnya diciptakan untuk tujuan pertukaran data agar lebih mudah.

Berbeda dengan ekstensi file lainnya, pdf memiliki sejumlah kelebihan. File yang disimpan dengan bentuk PDF tidak akan berubah saat dikirim dari pengirim ke penerima. Artinya baik tata letak sampai format dokumennya tetap sama.

Selain itu, kelebihan lain dari file PDF adalah bisa diakses oleh semua perangkat. Bahkan meskipun Anda tidak memiliki aplikasi Microsoft Word, file tersebut masih dapat dibuka di Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Mengingat kelebihan yang dimiliki pdf, saat ini banyak sekali lembaga mulai dari lembaga pemerintahan, sekolah, perguruan tinggi, dan swasta memakai format file digital ini untuk memudahkan berbagai macam urusan.

Cara Mengubah Word ke PDF Paling Mudah

File PDF berguna untuk mendistribusikan dokumen sehingga semua pihak yang menerimanya dapat melihatnya tanpa ada perubahan bentuk dokumen. Umumnya dan sudah menjadi kebiasaan, seseorang akan membuat dokumen menggunakan aplikasi lain seperti Microsoft Word, lalu mengkonversinya menjadi PDF.

Bagaimana cara mengubah word ke PDF? Berikut penjelasannya:

1. Cara Mengubah Word ke PDF di Microsoft Office

Metode pertama yang bisa Anda coba sebagai cara mengubah word ke PDF adalah dengan membukanya di Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dokumen ke file PDF secara langsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...