Kenali Penyebab iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah ponsel iPhone adalah cepat panas. Penyebab iPhone panas ini karena suhu ruangan, kinerja prosesor terlalu berat, hingga kerusakan baterai. Berikut cara mengatasi iPhone panas.
Dwi Latifatul Fajri
26 April 2022, 16:38
penyebab iPhone panas
123RF.com
Ilustrasi, iPhone, ponsel pintar besutan Apple.

Ponsel iPhone seringkali mengalami masalah pada baterai dan suhu. Salah satu masalah adalah iphone cepat panas setelah digunakan terlalu lama.

Kenapa iPhone cepat panas? Ada berbagai penyebab iPhone panas mulai dari suhu ruangan, prosesor yang bekerja terlalu berat, dan kerusakan baterai. Penyebab lain iPhone panas karena ponsel dimainkan ketika mengisi daya. Hal ini akan berpengaruh pada masa baterai dan suhu panas di ponsel.

Jika dibiarkan terus menerus baterai iPhone mudah mengalami kerusakan. Contohnya saja masa baterai cepat habis ketika dipakai.

Penggunaan iPhone dan Ipad bekerja paling baik di suhu 0 °C dan 35 °C. Kondisi suhu ruangan terlalu panas atau tinggi dapat mempengaruhi suhu ponsel. Jika anda berada di dalam mobil, sebaiknya jangan meninggalkan ponsel dalam keadaan suhu panas dalam mobil.

Advertisement

Penyebab Iphone Panas

1. Banyak Aplikasi Berjalan

Penyebab utama iPhone mudah panas karena banyaknya aplikasi berjalan. Anda bisa menutup beberapa aplikasi berat seperti editor video dan game.

2. Sinar Matahari

Ponsel cepat panas jika digunakan dibawah sinar matahari terus menerus. Suhu terlalu panas juga merusak masa baterai iPhone.

3. Baterai Rusak

Ponsel cepat panas karena baterai bermasalah atau sudah rusak. Baterai rusak ini menghasilkan energi panas terus menerus. Anda bisa mengganti baterai ponsel baru untuk mengurangi panas di ponsel.

4. Perangkat Lunak Belum diperbarui

Ponsel iPhone memberikan pembaruan untuk kinerja optimal. Jika perangkat masih versi lama dapat membebani prosesor dan aplikasi. Anda perlu memperbarui perangkat lunak.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Ponsel yang digunakan terus menerus dapat cepat panas. Anda bisa menggunakan mode pesawat untuk mengurangi kinerja ponsel.

Cara Mengatasi Iphone Panas

Jika suhu ponsel terlalu panas, iPhone akan menampilkan pemberitahuan tentang peringatan suhu. Peringatan ini terjadi ketika ponsel berada pada suhu ruangan tertentu. Sebaiknya anda segera mematikan ponsel atau mencari ruangan yang lebih dingin dan sejuk. 

Berikut cara mengatasi iPhone panas mengutip dari avg.com:

1. Matikan Telepon

Jika mendapat notifikasi pemberitahuan ponsel terlalu panas, segera matikan telepon. Letakkan ponsel di tempat yang lebih dingin dan sejuk.

Misalnya dilantai atau ruangan berAC. Tunggulan selema beberapa menit sampai suhu ponsel turun. Setelah itu anda bisa aktifkan kembali iPhone seperti semula.

2. Copot Pelindung Ponsel

Beberapa pelindung ponsel atau case dapat menghalangi aliran udara. Hal ini menyebabkan ponsel lebih cepat panas. Anda bisa melepaskan case ponsel lalu mendinginkan di tempat uang sejuk. Anda bisa bijak memilih case yang sesuai untuk sirkulasi udara ponsel anda.

3. Jangan Mainkan Ponsel Ketika Mengisi Daya

Penyebab iPhone cepat panas ketika proses pengisian daya. Jika anda menggunakan ponsel ketika mengisi daya, dapat menambah panas ponsel. Sebaiknya tunggu sampai baterai ponsel terisi penuh kemudian digunakan.

4. Tutup Semua Aplikasi

Cara mengatasi iPhone cepat panas yaitu menutup aplikasi yang berjalan. Anda bisa menutup aplikasi berat terlebih dahulu. Terkadang aplikasi berat dapat mempengaruhi kinerja dan suhu ponsel.

5. Hindari Sinar Matahari Langsung

Penyebab iPhone panas karena pengaruh sinar matahari dalam waktu lama. Fitur tertentu seperti navigasi dan GPS juga meningkatkan panas iPhone.

Anda bisa menjauhkan ponsel dari sinar matahari dan mematikan navigasi. Selain itu anda bisa menghentikan games grafis tinggi untuk mendinginkan ponsel.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait