9 Cara Merekam Layar iPhone dengan Mudah

Image title
21 Desember 2021, 12:26
Ilustrasi cara merekam layar iPhone
Apple
iPhone 13 Pro

Sebagai salah satu perusahaan di bidang teknologi, Apple melakukan banyak upaya perkembangan dalam hal fitur yang memanjakan para penggunanya. Salah satu fitur yang paling membuat nyaman adalah screen recording atau merekam layar. Sejak Apple meluncurkan iOS 11, Apple telah menambahkan kemampuan untuk merekam apa yang ada di layar iPhone.

Kemampuan iPhone ini bisa dipraktikkan pada saat merekam percakapan Skype dengan teman atau membagikan video Anda saat memenangkan game. Berikut cara merekam layar iPhone:

Cara Mengaktifkan Screen Recording iPhone

 Sebelum mengaktifan, Anda harus memastikan bahwa fungsi "Control Center" sudah dalam kondisi aktif.

1. Kemudian buka "Settings". Anda dapat mengibaratkan bahwa ini adalah aplikasi yang terlihat seperti roda gigi.
2. Selanjutnya klik "Control Center".
3. Lalu pilih "Customize Controls". Anda dapat memutuskan aplikasi iPhone bawaan mana yang ingin disertakan pada Control Center.
4. Lanjutnkan dengan mengetuk tanda tambah hijau di sebelah Screen Recording. Jika Anda melihat tanda minus merah di sebelah Screen Record, berarti sudah siap digunakan.
5. Geser ke atas untuk mengakses Control Center. Anda harus menggeser ke atas dari bagian paling bawah layar Anda. Kemudian, Anda akan menemukan fitur Screen Recording di bagian bawah layar.
6. Ketuk ikon "Screen Recording". Ini adalah ikon yang terlihat seperti lingkaran padat di dalam lingkaran berlubang yang lebih besar. Jika Anda menginstal beberapa kontrol, Anda mungkin harus menggulir hingga Anda menemukannya.

Jika enam poin sebelumnya sudah dilakukan, maka selanjutnya Anda bisa menekan rekam. Nantinya tampilan akan menunjukkan ikon rekam. Setelah itu ikon akan menampilkan hitungan mundur 3 detik dan lingkaran akan berubah menjadi merah, yang berarti Anda sudah mulai merekam layar. Saat Anda kembali ke layar "Home", Anda akan melihat kotak merah tipis di bagian atas layar. Itu tanda bahawa Anda sedang merekam layar.

Ada catatan bahwa secara default pengaturan screen recording tidak merekam audio. Tetapi Anda dapat mengaktifkan audio.

7. Kemudian, ketuk dan tahan ikon "Screen Recording" untuk mengaktifkan audio. Saat Anda melihat lingkaran dengan ikon Mikrofon di dalamnya berubah menjadi merah dan label bertuliskan “on” di bawahnya. Sekarang Anda akan dapat merekam suara sekaligus dengan merekam layar iPhone.

8. Apabila Anda ingin memberhentikan rekaman, silakan tekan atau ketuk kotak merah di bagian atas layar Anda dan ketuk "Stop Recording" di layar pop-up . Atau Anda dapat kembali ke Control Center (dengan menggesek ke atas) dan menekan ikon "Screen Recording" kembali.
9. Setelah selesai melakukan rekaman, nantinya dapat dilakukan dengan mengklik pop-up yang muncul saat Anda berhenti merekam, atau di aplikasi Foto.

Cara Mengedit Rekaman Video Rekaman Layar

Dalam artikel ini tidak hanya membahas mengenai artik cara merekam iPhone saja, namun juga cara megedit hasilnya.

  • Buka aplikasi Photos.
  • Buka video yang ingin Anda edit. Jika Anda baru saja mengambil video, itu akan menjadi file terbaru yang ditambahkan ke Rol Kamera Anda.
  • Klik tombol "Edit". Tombol ini berada di pojok kanan atas layar. Anda kemudian akan melihat garis waktu di bagian bawah layar.
  • Seret panah atau bilah sakelar untuk menyesuaikan panjang video Anda.
  • Ketuk "Done" untuk menyimpan video yang diedit

Demikianlah cara merekam layar iPhone dengan mudah dan mengeditnya sehingga layak ditampilkan dan menjadi sajian publik yang bisa diunggah di Instagram, YouTube atau media sosial lainnya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait