10 Cara agar Baterai Health iPhone Awet

Dwi Latifatul Fajri
27 April 2022, 14:57
baterai health iPhone
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, ponsel pintar besutan Apple, iPhone.

Battery Health merupakan fitur di perangkat ponsel pintar besutan Apple, yakni iPhone, iPad dan Apple Watch. Fitur baterai health atau kesehatan baterai ini cukup penting untuk pengguna.

Fitur baterai health iPhone ini bermanfaat untuk melihat masa pakai baterai dan waktu bertahan. Ini karena kinerja dan daya tahan baterai iPhone berpotensi menurun karena lamanya waktu penggunaan. Jika baterai iPhone terus menurun, anda harus mengganti dengan baterai baru. Nah, penggantian baterai ini berpengaruh pada kinerja ponsel.

Cara agar baterai health iPhone awet adalah mengaktifkan mode daya rendah. Fitur ini ada di iOS 9 yang ada di dalam iPhone. Mode daya rendah ini bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja perangkat dan minimalkan animasi sistem.

Cara Melihat Baterai Health iPhone

Fitur baterai health iPhone ini dikenalkan tahun 2018 pada iOS 11.3 Berikut cara melihat baterai health iPhone:

  1. Buka pengaturan atau setting
  2. Cari bagian battery
  3. Pilih kesehatan baterai
  4. Muncul kapasitas maksimum baterai (maximum capacity). Kapasitas maksimum ini berguna untuk melihat ukuran kapasitas baterai. Penurunan kapasitas dapat mempengaruhi penggunaan dan pengisian daya.

Penyebab Kinerja Baterai Health iPhone Cepat Turun?

Battery health iPhone mengalami penurunan disebabkan karena beberapa hal. Biasanya baterai health iPhone tidak pernah turun dibawah 80%. Namun, penurunan baterai health dapat terjadi ketika siklus pengisian daya melampaui 500 kali.

Penurunan kesehatan baterai juga dipengaruhi suhu ponsel, kecepatan pengisian daya, dan masa pakai. Semakin lama ponsel dipakai, maka kemampuan baterai iPhone mengalami penurunan. Penurunan kesehatan baterai dapat mempengaruhi kinerja ponsel.

Cara Agar Baterai Health iPhone Awet

1. Hindari Suhu Ruangan Terlalu Panas

Perangkat ponsel, tablet, dan laptop beroperasi dalam suhu ideal. Contohnya, ponsel iPhone digunakan dalam suhu ruang 16° hingga 22° C. Jika udara terlalu panas dapat merusak kapasitas baterai.

2. Lepas Casing Ketika Mengisi Daya

Ketika mengisi daya, casing iPhone yang tertutup akan menimbulkan suhu yang lebih panas. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna melepaskan casing ketika mengisi daya. Ini penting, karena suhu panas berlebihan dapat mempengaruhi kapasitas baterai ponsel.

3. Perbarui Perangkat Lunak

Perangkat lunak versi terbaru membantu kinerja dan daya ponsel. Pengguna bisa memperbarui perangkat lunak melalui fitur pengaturan, pilih umum, kemudian pilih pembaruan perangkat lunak. Selain lewat ponsel, pembaruan bisa diakses melalui iTunes versi terbaru.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...